Breaking News:

Hari Pangan Sedunia, BRGM Gaungkan Produksi Pangan Ramah Lingkungan

Hari Pangan Sedunia 2021 yang jatuh pada tanggal 16 Oktober dengan memanfaatkan lahan gambut untuk memproduksi pangan ramah lingkungan. 

Editor: adi kurniawan
Handout
Masyarakat sedang panen pertanian alami pengelolaan lahan tanpa bakar di Kabupaten Banyuasin 

SRIPOKU.COM -- Hari Pangan Sedunia 2021 yang jatuh pada tanggal 16 Oktober mengingatkan kita akan pentingnya menjaga ketahanan pangan.

Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan lahan gambut untuk memproduksi pangan ramah lingkungan

Kabid Pengendalian Kerusakan dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Provinsi Sumatera Selatan, Wilman mengatakan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) berperan aktif dalam mendukung ketahanan pangan dengan melibatkan langsung masyarakat. 

“Dalam pendekatannya, BRGM melakukan pendekatan 3R, yaitu ‘rewetting’ atau pembasahan gambut dengan membangun IPG seperti sumur bor dan sekat kanal agar akar tetap basah."

"Kemudian ‘revegetation’ yaitu penanaman kembali tanaman yang rusak, terakhir yaitu revitalisasi ekonomi masyarakat yang ada di areal gambut dan mangrove,” ungkap Wilma.

“Revitalisaai ekonomi ini membantu menghidupkan kembali kegiatan masyarakat di lahan tersebut dengan memberikan pengetahuan bagaimana pertanian, peternakan dan perikanan yang tidak merusak namun ramah lingkungan, serta beberapa kegiatan lain yang menunjang ekonomi dan kemampuan masyarakat untuk bisa lebih sejahtera,” sambungnya. 

Nantinya, BRGM juga akan membentuk kelompok tani atau kelompok masyarakat dengan memberikan mereka bantuan dan pengetahuan agar masyarakat lebih mencintai gambut. 

“Partisipasi masyarakat dalam melestarikan lingkungan apalagi gambut sangatlah penting untuk dunia, bukan hanya untuk Indonesia."

"Masyarakat bisa melakukan pertanian, peternakan dan perikanan ramah lingkungan, sehingga tidak melakukan perusakan gambut maupun mangrove,” ungkapnya. 

Sementara itu, Rina Sofiana selaku Kepala Seksi Pengolahan Hasil dan Mutu, Dinas Pertanian Pangan dan Hortikultura, Provinsi Sumatera Selatan mengatakan, data penduduk Sumsel pada 10 Agustus 2021 sebanyak 8.490.335 jiwa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved