Breaking News:

PPKM Level 2 Okupansi Hotel Bergerak Naik, Bisnis Sektor Pariwisata Menggeliat Kembali

Dengan status PPKM Level 2, sejumlah pelonggaran kegiatan turut mendongkrak tingkat okupansi hotel yang sempat anjlok selama zona merah

Editor: Azwir Ahmad
ho/sripoku.com
Pegawai Hotel Santika Radial tengah merapikan salah satu kamar hotel tersebut. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Mulainya pelonggaran menyusul status PPKM Level 2 di Palembang ikut mendongkrak tingkat okupansi Hotel.

Sebelumnya, saat zona merah, hotel dan resto tidak diperbolehkan mengelar rapat, wedding, event hingga dine in membuat okupansi anjlok.

Namun sejak hotel diperbolehkan menggelar event atau kegiatan dengan aturan maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan, geliat bisnis pariwisata kembali bangkit.

Hotel Santika Radial misalnya, okupansi hotel ini naik 40 persen atau month of date 90 persen.

"Iya ada kenaikan okupansi sebab sejak awal Oktober hampir setiap hari kamar selalu full," kata Public Relation Santika Radial Anggi, Kamis (14/10/2021).

Anggi mengatakan penggunaan ballroom juga mulai ramai khusunya untuk meeting karena banyak disewa oleh instansi pemerintah untuk rapat dan kegiatan pemerintahan lainnya.

Penggunaan ballroom untuk wedding juga mulai banyak saat akhir pekan namun karena tetap berpedoman dengan prokes maka tidak bisa mengakomodir tamu di atas 150 pax.

"Semua layanan kita jalankan dengan prosedur dan prokes ketat," tambah Anggi.

Kenaikan okupansi juga dirasakan hotel Santika Premiere Bandara karena saat ini okupansi mencapai 85 persen dari sebelumnya di bawah itu.

Sejauh ini okupansi mengalami naik cukup signifikan, begitupun dengan event dan wedding yang mulai kembali terlaksana namun dengan tetap mematuhi prokes.

"Kami senang karena ekonomi sudah menunjukkan arah perbaikan secara perlahan," kata
PR Santika Premiere Bandara Palembang Amanda Dian Suci.

Hotel Novotel juga merasakan dampak okupansi karena kondisi PPKM Level 2 yang membuat perekonomian mulai naik.

"Okupansi mulai stabil saat ini dan akhir pekan biasanya ada kenaikan okupansi," kata Marcom Novotel Rendi.

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin mengatakan
okupansi atau tingkat hunian hotel di Palembang sejak Agustus 2021 mulai bergerak naik di angka 50 persen dan pada bulan ini mencapai 75 persen, bahkan sebagian hotel pada akhir pekan okupansinya bisa 100 persen.(tnf)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved