Breaking News:

Demi Misi Selamatkan Bumi, Badan Antariksa NASA akan Tabrakkan Pesawat ke Asteroid

Adegan dalam film fenomenal Armageddon tampaknya akan diwujudkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam waktu dekat.

AFP
FOTO ILUSTRASI -- Roket Ariane-5 meluncur dari stasiun luar angkasa Kourou di Guyana Perancis membawa dua buah satelit, salah satunya adalah satelit militer India GSAT-7. 

SRIPOKU.COM -- Masih ingat dengan film "Armageddon" dimana umat manusia meluncurkan sebuah pesawat luar angkasa untuk meledakkan sebuah meteor agar tak menabrak bumi dan menimbulkan kerusakan ?

Adegan dalam film fenomenal tersebut tampaknya akan diwujudkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dalam waktu dekat.

Dilansir dari CNN, Selasa (5/10/2021), bersama dengan misi Double Asteroid Redirection Test (DART / Uji Pengalihan Asteroid Ganda), NASA akan meluncurkan sebuah pesawat ruang angkasa pada 23 November 2021.

DART akan diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, California pukul 22.20 waktu setempat.

Kemudian NASA akan menguji teknologi defleksi asteroid pada September 2022 untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pergerakan asteroid dekat Bumi di luar angkasa.

Hal itu akan menjadi demonstrasi skala penuh pertama dari jenis teknologi ini atas nama pertahanan planet.

Poster film Armageddon pada tahun 1998.
Poster film Armageddon pada tahun 1998. (Amazon.com)

===

Alasan NASA Menabrakkan Pesawat ke Asteroid

Pada September 2022, Didymos dan Dimorphos akan relatif dekat dengan Bumi dalam jarak 6.835.083 mil (11 juta kilometer).

Menurut NASA, pesawat ruang angkasa DART akan sengaja menabrak Dimorphos untuk mengubah gerakan asteroid di luar angkasa.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved