Breaking News:

Lapor Mang Sripo

Antisipasi Banjir di Musim Hujan

Beberapa hari terakhir Palembang sering diguyur hu­jan, baru tiga sejumlah daerah sudah digenangi air kacap sehingga me­nyulitkan warga beraktifitas.

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Bejoroy
https://www.facebook.com/zoel.karnain.395
Ilustrasi - Hujan deras sekitar pukul 3 sore membuat genangan air di depan IP Palembang (10/12/2018). 

SRIPOKU.COM -- Kepada Yth Walikota Palembang. Beberapa hari terakhir Palembang sering diguyur hu­jan, baru tiga jam hujan, sejumlah daerah sudah digenangi air kacap sehingga me­nyulitkan warga beraktifitas. Apa upaya konkrit Pemkot mengantisipasi kondisi banjir yang sudah jadi langganan ini.

Terima kasih 0813634XXXX

Baca juga: Musim Hujan, Rumah Tepi Aliran Sungai di Pagaralam Mulai Gelisah: Sudah Pernah Kejadian

Baca juga: Gara-gara Dana, Sejumlah Jalan dan Rumah di Lahat Rawan Banjir Setiap Kali Usai Diguyur Hujan

Jawaban:
Musim Hujan Datachlng Lebih Cepat

Terima kasih atas pertanyaan dan kepeduliaannya dengan masalah lingkungan dan cuaca. Beberapa hari terakhir intensitas curah hujan memang sedikit tinggi di awal September dan masih akan terjadi sehingga membuat Pemerintah Kota Palembang harus bersiaga. Musim hujan tahun ini datang lebih cepat dari perkiraan BMKG ya­ng harusnya pada Oktober mendatang. Padahal ada pengerjaan fisik untuk norma­li­sasi sungai tengah dilakukan di saat hujan deras yang melanda kota.

Ini berdampak pada laju aliran air yang lambat. masih ada pengerjaan konstruksi ba­ik penguatan dinding, pengerukan lainnya di Sungai Bendung dan Sungai Se­ka­nak. Dari pengerjaan di dua sungai ini membuat aliran air terhambat.

Untuk mengatasi genangan agar lebih cepat disiapkan Pompa Portabel di sepanjang jalan utama agar air bisa segera surut. Di antara daerah yang disiapkan pompa se­per­ti di Jalan Ahmad Yani, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Kapten A Rivai, Jalan Ve­teran, Jalan RE Martadinata. Ada tiga pompa portable dengan kapasitas 10-20 liter per detik dan tim satgas untuk percepatan penanganan yang siaga selalu agar ketika terjadi genangan bisa segera diatasi.

Total kesiapan sarana prasarana untuk penanganan genangan air, terdiri dari 8 Sta­si­un Pompa dan Kolam Retensi yang sudah dilakukan pengerukan. Kolam retensi ada 46 yang sudah ada tapi memang belum ideal kita butuh 77 agar masalah genangan ini bisa optimal. (yak)

Ir H Ahmad Bastari Yusak MT IPM
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Palem­ba­ng

ilustrasi
Update 13 Oktober 2021. (https://covid19.go.id/)
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved