Breaking News:

Gelombang Ketiga Covid

GELOMBANG Ketiga Covid-19 Sudah di Depan Mata, Rumah Sakit Diminta Siaga 24 Jam

Semua rumah sakit siaga menghadapi gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi terjadi pada akhir tahun.

Editor: Wiedarto
TRIBUNSUMSEL.COM/Edison Bastari
SEMPROT DISINFEKTAN : Koti PP Prabumulih semprot disinfektan seluruh jalan. (SRIPOKU.COM/EDISON BASTARI/TS) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Lia G. Partakusuma mengatakan, pihaknya meminta semua rumah sakit siaga menghadapi gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi terjadi pada akhir tahun.

Ia mengatakan, pihaknya tidak hanya mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 akibat libur akhir tahun, tetapi mobilitas masyarakat yang sudah mulai meningkat.

"Persi sudah membuat edaran bulan September kemarin untuk tetap menyiagakan rumah sakit, terutama di daerah perbatasan, kami sudah minta rumah sakit untuk lebih siaga," kata Lia dalam diskusi secara virtual dalam kanal YouTube FMB9_IKP, Selasa (12/10/2021).

Lia mengatakan, pelonggaran-pelonggaran aktivitas yang ditetapkan pemerintah selama pandemi dapat memicu pergerakan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini, kata dia, dapat berisiko terjadinya penularan virus Corona.

"Memang kita melakukan karantina, tetapi kan kita tahu untuk melacak satu virus itu sebetulnya tidak mudah, misalnya dengan karantina 5 hari, tapi bisa jadi 2 minggu baru timbul," ujar dia.

Lia mendukung rumah sakit di daerah-daerah yang sudah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan sarana untuk menghadapi lonjakan kasus. Namun, ia berharap agar semua pihak dapat berkontribusi dalam menekan penurunan kasus Covid-19.

"Jadi marilah kita menahan diri dulu untuk tidak terlalu banyak bepergian, karena kemungkinan penularan virus saat bepergian apalagi kalau prokesnya tidak patuh, ya kita mengharapkan sama-samalah kita menjaga," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Persi Minta Semua Rumah Sakit Siaga Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Icha Rastika

Jangan lupa subscribe, like dan share channel Youtube Sripokutv di bawah ini:

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved