Breaking News:

Bea Balik Nama

WAJIB Tahu, Biaya Resmi Balik Nama Kendaraan Bermotor

Ketika beli mobil atau motor bekas, kendaraan sudah siap dikendarai, tanpa harus menunggu pelat nomor datang.

Editor: Wiedarto
ho/sripoku.com
Suasana di Samsat Palembang I, Jalan Kapten A Rivai, Senin (3/10/2021) 

SRIPOKU.COM--Membeli kendaraan dalam kondisi bekas memang masih menjadi pilihan sebagian orang. Ketika beli mobil atau motor bekas, kendaraan sudah siap dikendarai, tanpa harus menunggu pelat nomor datang.

Agar afdal, setelah membeli kendaraan seken pemilik langsung melakukan balik nama. Jadi nama pemilik kendaraan saat ini akan tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), bukan nama pemilik sebelumnya.

Jika sudah balik nama, urusan bayar pajak tahunan atau lima tahunan akan lebih mudah. Mengingat salah satu syarat dari bayar pajak tahunan adalah membawa KTP asli sesuai nama pemilik kendaraan yang tertera di STNK dan BPKB.

Kalau belum balik nama, setiap tahun pemilik harus meminjam KTP asli dari pemilik kendaraan sebelumnya. Tentu saja hal ini akan merepotkan, apalagi jika pemilik sebelumnya tinggal di kota yang berbeda.

Lalu berapa biaya balik nama kendaraan? Pada saat melakukan balik nama kendaraan bermotor, ada beberapa biaya yang harus dibayarkan. Di antaranya, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), biaya admisnistrasi dan penerbitan STNK, dan BPKB.

Penentuan BBNKB untuk kendaraan seken, sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta nomor 6 tahun 2019 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, biaya balik nama untuk kendaraan seken, yakni 1 persen dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Kemudian, siapkan juga uang untuk Penerbitan STNK dan BPKB dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) baru. Tarifnya sudah diatur pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yaitu:

1. Penerbitan STNK untuk kendaraan roda dua atau tiga seharga Rp 100.000 dan Rp 200.000 untuk kendaran roda empat atau lebih.

2. Penerbitan BPKB untuk kendaraan dua atau tiga seharga Rp 225.000 dan Rp 375.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

3. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan (TNKB) untuk kendaraan dua atau tiga seharga Rp 60.000 dan Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat atau lebih. TNKB baru diperlukan jika proses balik nama bersamaan dengan pajak lima tahunan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Biaya Resmi Balik Nama Kendaraan Bermotor",
Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Aditya Maulana

Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved