Breaking News:

PON Papua

PULUHAN Orang Terinfeksi Covid-19 di PON Papua: Penularan dari Penginapan Atlet

Kasus penyebaran Covid-19 dalam kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua diduga terjadi di tempat penginapan.

Editor: Wiedarto
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi virus corona (Covid-19). 

SRIPOKU.COM, PAPUA--Kasus penyebaran Covid-19 dalam kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua diduga terjadi di tempat penginapan.  Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dengan hasil pendalamannya.

“Hasil pengamatan kami, terjadinya penularan ini kemungkinan besar disebabkan di tempat penginapan,” kata Menkes dalam konferensi pers, Senin (11/10/2021).

Budi juga menambahkan, dalam satu kamar diisi oleh empat orang. Selain itu, menurutnya, para atlet juga melakukan aktivitas makan bersama.

“Karena memang kamar yang ditempati para atlet itu satu kamar ditempati sekitar empat orang atlet, dan saat makan dilakukan makan bersama,” ucap Budi.

Menurut Budi, data pada 10 Oktober 2021 menunjukkan ada 65 kasus konfirmasi Covid-19 di ajang PON Papua.

Namun, jumlah tersebut bertambah menjadi 83 kasus per siang hari ini.

“Tadi siang itu menjadi 83 kasus konfirmasi dan memang terjadi konsentrasi di beberapa cabor, seperti judo, sepatu roda, motorcross, panahan, dan kriket," ucapnya.

Menkes pun menegaskan akan menjadikan kejadian ini sebagai pembelajaran, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan (prokes).

Selanjutnya, Budi juga menilai peningkatan penerapan prokes masih bisa dilakukan dengan memberikan wewenang yang lebih besar kepada Satgas Covid-19 di daerah.

“Agar ke depannya untuk acara-acara besar seperti ini ada perbaikan-perbaikan di prokes yang bisa kami lakukan,” tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Menduga Penyebaran Covid-19 dalam PON Papua Terjadi di Penginapan, Menkes: Kamar Ditempati 4 Atlet

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved