Breaking News:

Info Kesehatan

MUSIM Hujan Kenali Gejala Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah banyak dijumpai di wilayah subtropis dan tropis, salah satunya Indonesia.

Editor: Wiedarto
Nova.grid.id
Ilustrasi nyamuk demam berdarah 

SRIPOKU.COM--Demam berdarah merupakan penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit demam berdarah banyak dijumpai di wilayah subtropis dan tropis, salah satunya Indonesia. Demam berdarah disebabkan salah satu dari empat jenis virus dengue.

Virus dengue ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Oleh karena itu, penyakit ini juga disebut sebagai demam berdarah dengue (DBD). Karena penyebab terkenanya yang cukup rentan, penyakit ini perlu diwaspadai. Terlebih demam berdarah bisa berdampak serius mulai dari pendarahan hingga kematian.

Penyakit demam berdarah banyak terjadi di musim hujan. Hal itu karena pada musim hujan banyak dijumpai genangan-genangan air yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Namun bukan berarti demam berdarah tidak bisa menyerang di waktu selain musim hujan.

Penyakit ini bisa menyerang kita kapan saja, sehingga penting untuk meningkatkan kewaspadaan. Gejala demam berdarah Dilansir dari berita Kompas.com (25/9/2021), demam berdarah memiliki sejumlah gejala bagi penderitanya.

Namun pada beberapa kasus, gejala demam berdarah yang muncul cenderung ringan dan mirip gejala mirip flu atau infeksi lain. Karena itu, terkadang banyak orang yang terkecoh.

Berikut ini adalah gejala demam berdarah yang umumnya dialami seseorang:

Demam tinggi mendadak dengan suhu di atas 38 derajat Celcius

Timbul bintik-bintik merah di kulit

Sakit kepala

Nyeri saat menggerakan bola mata

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved