Breaking News:

Lapor Mang Sripo

Kenderungan Cuaca Ke Depan

Beberapa terakhir cuaca sangat tidak menentu, udara terasa dingin, kadangkala mendung dan hujan, sekali - sekali diiringi hujan dan badai.

Penulis: Mat Bodok | Editor: Bejoroy
BMKG
Ilustrasi -- ramalan cuaca besok hari di sebagian daerah yang ada di Indonesia termasuk Palembang, Sumsel. 

SRIPOKU.COM -- Kepada Yth kepala kantor BMKG Palembang. Beberapa terakhir cuaca sangat tidak menentu, udara terasa dingin, kadangkala mendung dan hujan, sekali - sekali diiringi hujan dan badai.

Yang ingin saya tanyakan apakah ini tanda - tanda bakal mulai musim hujan. Kalau iya berapa intensitas hujan yang bakal turun, apakah akan menimbulkan debit hujan yang tinggi dari perbukitan dan menimbulkan banjir bandang dan potensi longsornya perbukitan sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas.

Rerima kasih 08526532xxxx

Jawab:
Bisa Berakibat Banjir dan Longsor

Terima kasih atas perhatian dan pertanyaan yang berkaitan dengan cuaca. Sekarang ini wilayah Sumsel masih dalam periode musim kemarau. Namun beberapa hari terakhir po­tensi hujan cukup tinggi dikarenakan adanya faktor penggerak cuaca yang saat ini sedang aktif yaitu fenomena MJO (Madden Julian Oscillation) dan nilai indeks IOD negatif.

Keduanya menyebabkan pasokan uap air di atmosfer semakin banyak sehingga pertumbuhan awan konvektif (awan hujan) semakin intensif menghasilkan potensi hujan yang cukup besar dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai angin ken­cang.

Karena tutupan awan yang banyak dan hujan menghalangi pancaran sinar matahari se­­hingga suhu udara bisa turun dan udara terasa dingin. Kondisi ini diprakirakan ber­lang­sung dalam seminggu ini karena itu masyarakat dihimbau untuk tetap waspada. Karena, bisa saja menyebabkan banjir dan longsor terutama di daerah yang rawan seperti di daerah perbukitan.

Jika faktor-faktor penggerak cuaca sudah tidak aktif maka cuaca akan kembali seperti saat kemarau. Untuk itu masyarakat dapat mengupdate informasi cuaca di kantor BMKG terdekat atau melalui aplikasi infobmkg. (mbd)

Sinta Andayani
Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteoroligu SMB II Palembang

ilustrasi
Update 8 Oktober 2021. (https://covid19.go.id/)
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved