Breaking News:

SEJARAH Piala Sudirman, Nama Piala Bukan diambil dari Panglima Jenderal Sudirman, Ternyata Sosok Ini

Ternyata Sudirman Cup lahir di Indonesia dan digagas oleh mantan pemain bulu tangkis Indonesia sekaligus pendiri PBSI, Dick Sudirman.

Penulis: Welly Hadinata | Editor: Welly Hadinata
Kolase/SRIPOKU.COM
Sejarah Piala Sudirman atau Sudirman Cup 

SRIPOKU.COM - Banyak yang belum tahu mengenai sejarah Piala Sudirman atau Sudirman Cup, salah satu turnamen bergengsi bulutangkis tingkat dunia.

Dari namanya turnamen tersebut, diketahui pasti dari Indonesia. Namun dari itu ada yang beranggapan, bahwa nama Suirman pada turnamen itu diambil dari nama Pahlawan Jenderal Sudirman. Akan tetapi ternyata bukan.

Ternyata Sudirman Cup lahir di Indonesia dan digagas oleh mantan pemain bulu tangkis Indonesia sekaligus pendiri PBSI, Dick Sudirman.

Dick Sudirman punya jasa besar dalam sejarah bulu tangkis dunia. Dia berhasil menyatukan dua organisasi bulu tangkis dunia yang terpecah.

Di tahun 1978, ada dua organisasi bulu tangkis, IBF (International Badminton Federation, nama awal BWF) & World Badminton Federation (WBF).

Dualisme ini membuat keikutsertaan bulu tangkis dalam Olimpiade terancam.

Dick Sudirman pun turun tangan melakukan mediasi terhadap dua pemimpin federasi tersebut di Bandung, 28 Mei 1979. Rekonsiliasi pun dimulai dan akhirnya 2 tahun kemudian federasi ini berdamai dan bersatu.

Setelah Dick Sudirman meninggal pada 10 Juni 1986, Wakil Presiden PBSI kala itu, Suharso Suhandinata meminta federasi bulu tangkis dunia mengingat jasa Sudirman.

Usulan itu akhirnya diterima pada tahun 1988 dan nama Dick Sudirman diabadikan menjadi Sudirman Cup. Sudirman Cup digelar pertama kali pada tahun 1989 di Istora Senayan Jakarta, Indonesia dan diikuti 28 tim peserta. 

Sementara itu, Piala Sudirman yang memiliki tinggi 80 cm dirancang oleh Rusnadi dari Fakultas Seni Rupa ITB dan terdiri dari lima anggota.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved