Breaking News:

Buat Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BUMDes Lebih Mudah, Ini Caranya Menurut Dosen Unsri

Pengelola BUMDes di Tanjung Lago kini bisa membuat laporan pertanggung jawaban keuangan BUMDes pada pemerintah lebih baik dan sesuai dengan standar la

Editor: RM. Resha A.U
TRIBUNSUMSEL.COM/TATIK
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi Unsri memberikan pelatihan cara membuat laporan pertanggungjawaban pada pengelola BUMDes di Tanjung Lago. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pengelola BUMDes di Tanjung Lago kini bisa membuat laporan pertanggungjawaban keuangan BUMDes pada pemerintah lebih baik dan sesuai dengan standar laporan keuangan akuntasi.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri) Nilam Kesuma, S.E., M.Si, Ak mengatakan selama ini secara rutin para pengelola BUMDes memberikan pelaporan dalam bentuk seadanya belum sesuai dengan pedoman pelaporan keuangan akuntansi yang seharusnya.

Nilam mengatakan berdasarkan  informasi yang diberikan pihak kecamatan Tanjung Lago, hanya ada tiga BUMDes yang telah membuat laporan keuangan dan pertanggungjawaban sedangkan 12 BUMDes lainnya belum melaporkan laporan pertanggungjawaban karena kurang memahami penyusunan laporan keuangan.

"Pengelola BUMDes kita edukasi bagaimana cara membuat laporan yang baik dan benar dan susuai standarisasi akuntansi sehingga bisa menyusun laporan pertanggungjawabannya," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Nilam, Selasa (28/9/2021).

Pembekalan BUMDes melalui edukasi, pelatihan, dan pendampingan penyusunan laporan pertanggung-jawaban yang dilaksanakan selama dua hari dengan melibatkan kades, dan pengurus BUMDes

Pengelolaan BUMDes juga diberikan pengetahuan terkait dasar hukum pendirian BUMDes, kewajiban BUMdes, pengelolaan keuangan, dan pelaporan pertanggungjawaban BUMDes.

Bukan cuma teori, mereka juga diberikan pelatihan dengan praktek secara langsung penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi excel dengan menggunakan data BUMDes mereka masing-masing.

Baca juga: Soal Cuitan Mahasiswi Korban Asusila Oknum Dosen, BEM KM Unsri Turun Tangan: Akan Kita Kawal

Kegiatan ini masih berlangsung sampai dengan output berupa laporan pertanggungjawaban keuangan BUMDes tahun 2021 dapat disajikan oleh pengurus BUMDes.

Sehingga untuk tahun-tahun berikutnya, pengurus BUMDes dapat secara rutin dan mandiri, mampu membuat laporan pertanggungjawaban keuangan dengan baik.

"Kegiatan keseluruhan satu bulan mulai dari observasi lapangan terkait kelangsungan usaha BUMDes dan dilanjutkan observasi pada beberapa BUMDes aktif untuk observasi secara langsung bagaimana kegiatan usaha BUMDes dan penyusunan laporan keuangan yang telah dilakukan oleh pengelola BUMDes," tutupnya. (tnf/TS)

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved