Breaking News:

Unsri Beri Pelatihan dan Dampingi Guru Bahasa Indonesia di Ogan Ilir Menulis Karya Ilmiah

Pelatihan dan pedampingan penulisan karya ilmiah pada guru-guru bahasa Indonesia di Ogan Ilir

Editor: pairat
Handout
Tim Unsri bersama beberapa guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Ogan Ilir seusai kegiatan PPM, (16/09/2021). 

SRIPOKU.COM - Dalam rangka melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM), tim Universitas Sriwijaya (Unsri) melakukan pelatihan dan pedampingan penulisan karya ilmiah pada guru-guru bahasa Indonesia.

Pelatihan dan pendampingan tersebut diberikan pada 30 orang guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kabupaten Ogan Ilir.

Dra. Sri Indrawati, M.Pd., Ph.D. selaku ketua tim PPM mengatakan bahwa menulis karya ilmiah adalah salah satu hal penting yang perlu dikuasai oleh guru untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai seorang guru profesional.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa acara diadakan dalam lima pertemuan, yaitu tanggal 11, 13, 16, 18, 20, dan 25 September 2021.

Acara dilakukan secara hybrid antara kegiatan daring dan tatap muka.

“Karena pandemi masih belum berakhir, sebagian besar kegiatan ini dilakukan secara daring lewat aplikasi zoom. Hanya satu pertemuan, tanggal 16, yang dilakukan secara luring untuk melakukan pendampingan intensif yang tidak efektif jika dilakukan secara daring,” jelasnya.

PPM sendiri merupakan salah satu dari tiga pilar tridarma perguruan tinggi.

“Selain mengajar, dosen juga wajib melakukan penelitian dan pengabdian. Meskipun begitu, ketiganya saling terkait. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Hasil penelitian kemudian disebarluaskan lewat program pengabdian (PPM). Pengabdian kali ini pun sebenarnya terkait dengan penelitian kami sebelumnya tentang menulis karya ilmiah,” tambah Sri.

“Lewat kegiatan ini, diharapkan guru-guru bahasa Indonesia di Ogan Ilir bisa menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. Selain itu, guru yang hadir bisa jadi agen ilmu pengetahuan yang meneruskan hal-hal bermanfaat yang didapatkannya di sini kepada guru-guru lain yang tidak ikut,” pungkasnya.

Tim dari Unsri terdiri dari sejumlah dosen dan mahasiswa, yaitu Dra. Sri Indrawati, M.Pd., Ph.D., Ernalida, S.Pd., M.Hum., Ph.D., Prof. Dr. Nurhayati, M.Pd., Dra. Sri Utami, M.Hum., A. Rizqi Turama, S.Pd., M.A., Novritika, M.Pd., Khalidatun Nuzula, M.Pd., Russel Margaretha, Marhama, Amrina Rosyada, Muthmainnah Nursuli, Rhisky Amelia, Aliyah Andina, Sinta Saputri, dan Sarmila.

Lukmanul Hakim, S.Pd., M.M. yang merupakan ketua MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Ogan Ilir menyatakan bahwa kegiatan ini disambut baik oleh segenap guru yang menjadi peserta.

“Bukan hanya mendapatkan ilmu baru, kami juga bisa sekalian bersilaturahmi dengan dosen-dosen yang dulu mengajar kami semasa kuliah dulu,” ujarnya. (Rel)

Baca juga: Daftar SD di Palembang yang Gelar PTM Terbatas Senin Ini, 100 Persen Dibuka Semua

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved