Breaking News:

Berita Palembang

Nasib 2 Warga Medan yang Kedapatan Bawa Sabu 15 Kilogram di Alang-alang Lebar, Dituntut Hukuman Mati

Dua warga Medan ini sudah menjdi target operasi BNN Pusat terkait tindak pidana penyalahgunaan narkoba memakai bus pariwisata.

Editor: Refly Permana
Handout
Sehat Maruli Tua Sillalahi alias Aloho, kurir sabu-sabu 15 kg asal Medan, ditangkap BNN Pusat di kawasan Jalan Soekarno Hatta Palembang pada Rabu (2/6/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dua terdakwa kasus narkotika jenis sabu seberat 15 kilogram, Sehat Maruli Tua Silalahi (46) dan Elpani Jon Naibaho (42), dituntut hukuman mati oleh JPU Kejari Palembang.

Hal tersebut diketahui dalam sidang virtual yang diketuai oleh hakim Paul Marpaung di Pengadilan Negeri Palembang, Kamis (23/9/2021).

Dalam tuntutan yang dibacakan oleh JPU Kejari Palembang, Dani Dwi Yanuar SH, menyatakan kedua terdakwa melanggar Pasal 114 ayat 2 UU RI No.35 tahun 2009 Jo Pasal 132 ayat 1 UU RI No. 35 tahun 2009 Pasal 8 UU No.16/2004 tentang Kejaksaan RI, Pasal 182 ayat 1 KUHP dan ketentuan Undang-undang yang berkaitan dengan perkara ini.

"Menuntut kedua terdakwa dengan hukuman pidana mati," ujar Dani dalam persidangan, Kamis (23/9/2021).

Adapun hal yang memberatkan, keduanya tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika, serta memiliki barang bukti dengan nilai yang banyak.

Atas tuntutan tersebut, melalui kuasa hukumnya, Eka Sulastri SH dan Arizal SH dari Posbakum PN Palembang, pihaknya akan mengajukan nota pembelaan atau pledoi yang akan dibacakan pada persidangan selanjutnya.

"Kami akan ajukan pembelaan pada agenda sidang selanjutnya," ujar Eka yang diwawancarai usai persidangan.

Untuk diketahui, pada persidangan sebelumnya, saksi yang merupakan petugas BNNP mengatakan jika kedua terdakwa telah menjdi target operasi pihaknya.

"Kami sudah mengikuti keduanya. Saat dilakukan pemeriksaan terdapat barang bukti berupa narkotika jenis sabu yang disimpan di dalam bus pariwisata yang sudah dimodifikasi," ujar saksi Wibowo pada majelis hakim.

Malam-malam Paksa Melintas di Kotabaru Selatan OKU Timur, Sudah 2 Bus Pariwisata Dipaksa Putar Balik

Sementara itu, dikonfirmasi pada JPU Kejari Palembang Indah Dewi Kumala SH MH membenarkan keduanya merupakan target operasi dari BNN Pusat.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved