Breaking News:

Polres Muara Enim Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Musi 2021, Target Putus Mata Rantai Covid-19

Polres Muaraenim menggelar apel pasukan Operasi Patuh Musi 2021 yang berlangsung 14 hari dari 20 September hingga 3 Oktober 2021

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Azwir Ahmad
sripoku.com/ardani
Patuh Musi 2021: Polres Muara Enim menggelar apel Pasukan Operasi Patuh Musi 2021 yang akan dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 20 September 2021 - 3 Oktober 2021 di halaman Mapolres Muara Enim, Senin (20/9/2021). 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Polres Muara Enim menggelar apel Pasukan Operasi Patuh Musi 2021 di halaman Mapolres Muara Enim, Senin (20/9/2021).

Operasi Patuh MUsi 2021 akan dilaksanakan selama 14 hari, dari tanggal 20 September 2021 - 3 Oktober 2021.

Bertindak sebagai pimpinan Apel AKBP Danny Sianipar, dengan peserta Apel Pasukan Operasi Patuh Musi 2021 yang terdiri dari Unsur anggota Polres Muara Enim,TNI, Sat Pol PP, Dishub dan Anggota Sat Lantas Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar yang membacakan amanat Dirlantas Polda Sumatera Selatan, mengatakan bahwa permasalahan di Bidang Lalu Lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini merupakan konsekuensi dari meningkatkan jumlah kendaraan bermotor dan polusi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana transportasi dalam memenuhi kehidupan hidup Dewasa ini, transportasi telah berkembang dampak dari kemajuan teknologi, contohnya order transformasi sudah berada dalam genggaman (cukup dengan menggunakan Handphone),
cukup hanya sekali klik, kita sudah bisa langsung berpergian dengan sarana transportasi yang kita inginkan.

Atas permasalahan dibidang lalu lintas tersebut Polri dalam hal ini Polda Sumatera Selatan akan melaksanakan kegiatan Operasi Kepolisian dengan Sandi Operasi “Patuh Musi  2021”.

Dikatakan AKBP Danny, kita ketahui bersama bahwa angka kecelakaan Lalu Lintas diwilayah Polda Sumsel pada Operasi Patuh Musi 2020 sebanyak 11 kejadian, sedangkan pada Operasi Patuh 2019 terjadi 18 kejadian atau mengalami penurunan 7 kejadian atau 39 persen.

Sedangkan jumlah Korban Meninggal Dunia mengalami penurunan dari 18 orang menjadi
2 orang atau mengalami penurunan sebanyak 16 Korban Jiwa atau 89 persen dan korban luka berat mengalami penurunan dari 7 menjadi 4 orang atau 43 persen.

Sedangkan untuk jumlah pelanggaran Lalu Lintas selama Operasi Patuh Musi Tahun 2019 berjumlah 7.750 lembar, sedangkan untuk tahun 2020 sebanyak 4.076 lembar tilang atau menurun 35,8 persen. Dan dari hasil Analisa dan Evaluasi tersebut diatas pelanggaran yang terjadi didominasi berupa pelanggaran sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI, dan Pengemudi Ranmar.

Pada Operasi Patuh Musi Tahun 2021, lanjut AKBP Danny, Polda Sumsel telah menetapkan sasaran, target dan cara bertindak yang bertujuan yaitu Meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan, Meningkatkan Disiplin Masyarakat dalam berlalu lintas, dan Mencegah penyebaran Covid 19 serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap.

Adapun sasaran Operasi Patuh Musi TA 2021 adalah Segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi cluster penyebaran Covid-19, Masyarakat yang tidak mematuhi protokol Kesehatan, Masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas, Lokasi Rawan Macet, pelanggaran dan Lala lantas serta rawan kerumunan.

Untuk Target Operasi Patuh Musi Tahun 2021 adalah Memutus Mata Rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19) serta mencegah terjadinya kerumunan massa, Terciptanya Kamseltibcarlantas pada jalur Tol, Arteri dan Tempat Wisata, dan Mempelancar arus Lalu Lintas dan menurunkan jumlah Fatalitas Korban Laka Lantas.

Kemudian untuk cara bertindaknya adalah 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan & Mengurangi Mobilitas), Melakukan 3 T (Testing,Tracing & Treatment), Melaksanaka Vaksinasi &Pamwal Vaksin, Penerapan Aplikasi Peduli Lindungi, Giat Dikmas Lantas, Turjawali, Pembatasan Mobilitas, dan Rekayasa Lalu Lintas (Penerapan Gage, Penutupan Jalan,Oneway Dll).

“Operasi patuh pada tahun ini kita masih sama dengan situasi operasi patuh pada tahun sebelumnya dimana kita masih berada ditengah mewabahnya virus Covid 19," jelasnya.(ari)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved