Breaking News:

Pemeriksaan Pap Smear Gratis di Puskesmas Gandus Palembang, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Pap Smear sendiri adalah prosedur pengambilan dan pemeriksaan sempel sel dari leher rahim untuk melihat ada tidaknya kelainan.

Penulis: Chairul Nisyah | Editor: Refly Permana
sripoku.com/chairul nisyah
Pemeriksaan pap smear gratis di Puskesmas Gandus, Jumat (17/9/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Chairul Nisyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kasus kanker serviks menduduki peringkat kedua sebagai penyakit pembunuh para kaum wanita setelah kanker Payudara.

Rendahnya pengetahuan dan pemahaman pada gejala awal kanker serviks tersebut, kerap kali membuat seorang wanita terlanjur terkena kanker serviks di stadium lanjut.

Maka dari itu, sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, khususnya pada wanita, Bagian Patalogi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya mengadakan penyuluhan dan memberikan pemeriksaan pap smear gratis di Puskesmas Gandus, Jumat (17/9/2021).

Pap Smear sendiri adalah prosedur pengambilan dan pemeriksaan sempel sel dari leher rahim untuk melihat ada tidaknya kelainan yang dapat mengara pada kanker serviks.

Mewawancarai Ketua pelaksana kegiatan dr Heni Maulani Sp.PA (K), dirinya mengatakan ada beberap kriteria wanita yang harus melakukan Pap Smear.

"Jadi ada kriteria untuk pemeriksaan pap smear," ujar dr Heni Maulani SpPA (K) yang ditemui di Puskesmas Gandus, Jumat (17/9/2021).

Dirinya mengatakan adapun yang harus melakukan pap smear, yakni wanita yang sudah melakukan hibungan seksual aktif, mengalami pendarahan setiap berhubungan seksual, sering mengalami keputihan, nyeri pada vagina, dan apabila telah masuk masa monopouse masih mengeluarkan darah lewat kemaluan.

"Jadi bagi wanita yang memiliki ciri seperti yang disebutkan maka baiknya segeralah melakukan pemeriksaan pap smear," ujar Heni.

Selain itu, ditambahkan oleh dr Ika Kartika, Sp.PA (K), melakukan pap smear harus dilakukan secara berkala, sesuai usia dan faktor resiko yang dimiliki.

5 Jenis Keputihan yang Wajib Diketahui, Kenali dari Warna dan Tekstur, Waspada Kanker Serviks

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved