Breaking News:

DITEGUR Jokowi, Suami Kahiyang Malah Berani Membantah: Nilainya Tak Sampai Rp 1,8 Triliun

Bobby mengatakan, jumlah yang tersimpan Rp 1,6 triliun, bukan Rp 1,8 triliun seperti yang disebutkan Jokowi.

Editor: Wiedarto
TRIBUN MEDAN/HO
Bobby Nasution, Kahiyang Ayu dan Sedah Mirah Nasution. 

SRIPOKU.COM, MEDAN--Wali Kota Medan Bobby Nasution merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut Rp 1,8 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan mengendap di bank. Angka tersebut paling tinggi dibanding 15 daerah lain di Sumatera Utara.

Namun, dia meralat soal jumlah. Bobby mengatakan, jumlah yang tersimpan Rp 1,6 triliun, bukan Rp 1,8 triliun seperti yang disebutkan Jokowi."Memang yang di slide (yang dipaparkan Jokowi) bedanya sedikit saja," kata Bobby di Balai Kota, Jumat (17/9/2021).

Bobby mengatakan, banyaknya anggaran yang tersimpan di bank bukan karena serapan anggaran Pemkot Medan yang rendah. Namun, karena banyak program atau kegiatan yang sudah dijalankan, tetapi belum selesai sehingga belum bisa dilakukan pembayaran. "Jadi kalau belum selesai, belum bisa pembayaran. Jadi ketika nanti sudah selesai baru ada pembayaran," jelas Bobby.

Bobby juga mengakui masih ada beberapa program yang belum berjalan. Untuk itu, hal ini akan menjadi bahan evaluasi untuk Pemkot Medan segera mempercepat implementasi program atau kegiatan, sehingga serapan anggaran juga makin maksimal.

"Yang penting itu adalah dari anggaran yang masih ada di bank dari Rp 1,6 triliun itu, prosesnya berjalan, tapi belum terbayarkan. Ada yang prosesnya memang belum berjalan," ungkap menantu Presiden Jokowi ini.

Dia sepakat dengan perintah Presiden agar APBD segera diserap untuk mendorong laju ekonomi. "Tentunya uang yang ada di sini untuk menggerakkan ekonomi. Peran APBD itu sangat penting di tengah pandemi ini," ucap Bobby.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menegur semua kepala daerah di Sumut karena serapan APBD yang masih rendah. Salah satu daerah tersebut adalah Kota Medan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ditegur Jokowi, Bobby Nasution Akui APBD Medan Mengendap di Bank, tapi Bantah Nilainya Rp 1,8 T"
Penulis : Kontributor Medan, Daniel Pekuwali
Editor : David Oliver Purba

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved