Breaking News:

Berita Lahat

Alasan IRT di Lahat Ini Kepincut Lidah Mertua, Tidak Rewel dan Punya Segudang Manfaat

Bentuknya yang unik dan tidak rewel menjadi alasan Fitri, Ibu Rumah Tangga di kota Lahat ini memenuhi halaman rumahnya dengan tanaman lidah mertua.

Penulis: Ehdi Amin | Editor: RM. Resha A.U
SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Ibu rumah tangga di Lahat saat menyiram tanaman hiasnya di teras rumah. Tampak tanaman lidah mertua paling banyak. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Ehdi Amin

SRIPOKU.COM, LAHAT - Bentuknya yang unik dan tidak rewel menjadi alasan Fitri, Ibu Rumah Tangga di kota Lahat ini memenuhi halaman rumahnya dengan tanaman lidah mertua.

Lebih dari tanaman bernama lain sansevieria atau snake plant ini bermanfaat bagi kesehatan sehingga tak sedikit pecinta tanaman bermanfaat meletakkan tanaman ini didalam rumah seperti di ruang tamu dan dapur rumah.  

"Awalnya senang aja lihat bentuknya meruncing dan jika sandingkan dengan tanaman lain akan memperindah taman rumah.  Tak hanya itu,  tanaman lidah mertua sangat mudah tumbuh tidak rewel meski didalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Perawatanya lebih mudah, "ujar pecinta tanamana hias ini,  Minggu (12/9/2021). 

Ketertarikannya semakin bertambah saat ia membaca beberapa artikel terkait tanaman lidah mertua ini.

Ternyata menurutnya selain untuk mempercantik taman rumah juga bermanfaat bagi kesehatan seperti pemasok oksigen, membersihkan polusi dan katanya bisa memberikan kehampaan rokok.

Saat ini lidah mertua yang ia tanaman selain diletakkan di teras rumah, halaman rumah juga di ruangan rumah,  dapur dan kamar mandi.  

"Nah kalau soal harga jual kurang tahu juga tapi katanya kalau di kota kota besar punya nilai jual. Kalau di Lahat sendiri sejauh ini tanaman lidah mertua mudah didapat.  Terlabih banyak ibu ibu yang menanamnya di halaman rumah, "sampainya.  

Baca juga: Daftar Tanaman Hias Termahal Hingga Tembus Miliaran Rupiah, Lidah Mertua & Kuping Gajah Masuk Daftar

Sementara itu, dikutip dari berbagai sumber ada banyak manfaat tanaman lidah mertua selain pemasok oksigen dan membersihkan polusi juga pembersih udara alami karena mampu menyerap karbon monoksida dalam jumlah berlebihan dan mengeluarkan oksigen serta menyaring racun lain dari udara seperti benzena, xilena, trikloroetilen, dan formaldehida. 

Kemudian lidah mertua merupakan tanaman anti kanker, penyerap karbom dioksida pada malam hari, menyerap radiasi, menyerap bau makanya tanaman ini juga banyak diletakkan di dapur dan kamar mandi. 

Sebagai antiseptik, bisa juga bermanfaat bagi bahan tonik rambut, membantu menyembuhkan Sakit kepala, membantu menurunkan resiko diabetes dan menyerap racun. 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved