Breaking News:

KKB Papua

KEPERGOK Bawa 5 Senjata Buatan AS, 2 Anak Buah KKB Papua Disergap di Sungai: Bukan Milik TNI-Polri

Lima senjata api yang disita dari dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Batom, dipastikan bukan milik TNI-Polri

Editor: Wiedarto
Tribun-Papua.com/Roy Ratumakin
Pangdam XVIII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono merilis 5 pucuk senjata api serta amunisi yang disita dari dua anggota KKB Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, baru-baru ini. KKB mendapat senjata tersebut dari Bougenville, Papua Nugini. 

SRIPOKU.COM, PAPUA--Lima senjata api yang disita dari dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Batom, Pegunungan Bintang dipastikan bukan milik TNI-Polri. Berdasarkan nomor seri, senjata tersebut adalah buatan Amerika Serikat yang diambil dari Bougenville, Papua Nugini. Hal tersebut disampaikan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9/2021).

"Ini bukan senjata dari TNI-polri, jadi dipastikan ini dari luar, Bouganville, Papua Nugini (PNG)," kata Yoga.
Yoga mengatakan aparat masih akan terus mendalami hasil penangkapan tersebut dan mencari tahu sosok yang berada di balik aksi tersebut.
Ia menduga, 2 anggota KKB yang diamankan yakni Yulian Uropmabin (36) dan Kapol Uropmabin (42) merupakan bagian dari kelompok Ngalum Kupel. Ketika diamankan pada Selasa (7/9/2021), Yulian dan Kapol membawa lima pucuk senjata api.

Dua di antaranya adalah senjata api jeni M-16 yang salah satunya dilengkapi dengan pelontar granat dan satu pucuk senapan laras panjang rakitan. Saat ini dua anggota KKB dan lima senjata api yang disita sudah dibawa ke Jayapura.

Berawal dari perahu yang rusak Lihat Foto Ilustrasi.(Shutterstock) Dandrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan secara terpisah mengatakan penangkapan 2 anggota KKB berawal dari informasi mayarakat di Kampung Abukerom yang melihat orang tak dikenal (OTK) menggunakan perahu motor dari arah Papua Nugini menuju Mongham. Namun perahunya mengalami kerusakan di Kampung Muara.

Mongham diduga menjadi markas besar KKB. Dengan adanya laporan tersebut anggota Koramil 1715-05/BatomKoramil 1715-05/Batom dipimpin Sertu Ari Netson Arabia bersama warga dan anggota Linmas menuju ke Kampung Muara dan melakukan pengepungan di pertengahan sungai Oksip – Mongham.

Dari tangan 2 anggota KKB yang diamankan dua pucuk senjata M-16 yang salah satunya dilengkapi dengan GLM, satu mouser, satu pucuk senjata Double Loop, dua pucuk senjata laras panjang rakitan, 37 butir amunisi kaliber 5,56 dan GLM. Termasuk bendera bintang kejora, lima flash disk, satu solar cell, dan enam senjata tajam. Kemudian dua buah Bendera "Buka" kecil, satu buah ketapel, satu lembar fotokopi KK, satu buku kartu kesehatan, dua lembar tiket pesawat, satu buah buku saku, delapan buah tas, dan satu buah tenda payung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Milik TNI, 5 Senjata yang Disita dari KKB Ternyata Buatan Amerika dan Diselundupkan dari Papua Nugini"

Editor : Rachmawati

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved