Breaking News:

Vaksin Covid Hak atau Kewajiban Memandang Dari Perspektif Hukum Pemerintahan

“Kualitas dan masa depan suatu bangsa ditentukan oleh tiga hal penting, yaitu pendidikan, kesehatan dan demokrasi.

Editor: Yandi Triansyah
Dokumen Pribadi
Arianti Maya Puspa Dewi, SH 

Oleh: Arianti Maya Puspa Dewi, SH

Jaksa Fungsional Kejari Penukal Abab Lematang Ilir

Pemerintah mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada hari, Rabu tanggal 13 Januari 2021 pada dasarnya pemberian vaksin merupakan cara untuk menjaga kesehatan.

“Kualitas dan masa depan suatu bangsa ditentukan oleh tiga hal penting, yaitu pendidikan, kesehatan dan demokrasi.

Bangsa yang terdidik, sehat dan demokratis, memiliki peluang lebih besar untuk mempertahankan keberadaannya, dalam jangka waktu yang sa-ngat lama.

Sebaliknya, bangsa yang bodoh, lemah dan sakit, menunggu kehancurannya dalam hitungan waktu” (Artikel koalisi perempuan Indonesia).

UUD RI Tahun 1945 menjamin setiap orang berhak mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

Pada UU No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan menjelaskan kesehatan -merupakan HAM dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan UUD 1945.

Setiap kegiatan dan upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dilaksanakan dengan upaya kesehatan mengikutsertakan masyarakat secara luas yang mencakup upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang bersifat menyeluruh terpadu dan berkesinambungan.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved