Breaking News:

PROFIL Leani Ratri Oktila, Penyumbang Medali Terbanyak Indonesia pada Paralimpiade Tokyo 2020

Di tahun 2011 Ratri mengalami kecelakaan yang menyebabkan kaki kiri dan tangannya patah. Ratri mendapatkan gangguan fisik permanen

Penulis: Welly Hadinata | Editor: Welly Hadinata
Kolase/SRIPOKU.COM
Leani Ratri Oktila (Foto : Instagram oktila_lr) 

SRIPOKU.COM  - Leani Ratri Oktila lahir di Siabu, Kampar, Provinsi Riau 6 Mei 1991.

Lahir dari keluarga sederhana, anak kedua dari sepuluh bersaudara ini mengenal olahraga badminton sejak usia 7 tahun dari orang tuanya, sekaligus menjadi pelatih pertamanya.

Dari didikan ayahnya inilah Ratri tumbuh sebagai sosok yang ulet, tangguh, berkemauan keras, dan pantang menyerah. Di usia 9 tahun Ratri sudah mewakili provinsi Riau di event nasional.

Di tahun 2011 Ratri mengalami kecelakaan yang menyebabkan kaki kiri dan tangannya patah. Ratri mendapatkan gangguan fisik permanen yang dikenal dengan istilah "leg length differrence".

Beruntung Ratri dikelilingi oleh keluarga dan orang-orang yang selalu memberi support dan semangat untuk bangkit.

Meski sadar fisiknya tidak seperti sebelumnya, Ratri tak patah semangat, tak lama kemudian mulai berlatih dan merajut kembali mimpi besarnya di badminton dengan mengikuti kejuaraan untuk penyadang disabilitas Peparnas 2012 di Riau dan langsung mendapatkan 1 medali emas 1 medali perak.

Di tahun 2013 mulai bergabung pelatnas NPC Indonesia, disinilah semangatnya seakan semakin terlecut melihat atlet difabel lain yang gigih penuh semangat melawan katerbatasannya, dan berjuang melalui olahraga.

“Lakukan dengan sepenuh hati, maka kamu akan dapatkan sepenuhnya” adalah pesan dari ayahanda yang senantiasa Ratri pegang teguh sebagai prinsip hidupnya.

Hal ini terlihat dari bagaimana dia berlatih, dia rela datang latihan lebih awal  dan menambah porsi latihan. Kerja keras dan komitmen ini yang mengantarkan kesuksesan kepadanya. Sudah banyak medali diraihnya di banyak turnamen internasional.

Gelar BWF Female Para Badminton Player of the Year disandangnya tahun 2018 dan 2019. Saat ini Ratri juga tercatat BWF sebagai pemain dengan ranking teratas di kelas Women’s Single SL4, dan Mixed Double SL3-SU5.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved