Breaking News:

Otomotif

INFO Terbaru, Semakin Jelas Calon Avanza Baru, Meluncur Akhir Tahun 2021, Gunakan FWD

Dilansir Wapcar, Avanza atau Veloz terbaru akan mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc berkode 2NR-VE seperti yang digunakan pada Yaris

Editor: Wiedarto
Instagram @bagasatriakbar
Ilustrasi gambar render calon Avanza model baru. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Kehadiran Toyota Avanza baru tampaknya mulai mendekati kenyataan. Rumors ini menguat setelah muncul gambar render yang viral di internet beberapa waktu lalu. Kabar terbaru, Avanza sudah siap dipasarkan dan rencananya bakal hadir akhir tahun ini. Jika benar demikian, pantas saja Avanza Veloz GR Limited yang meluncur Juli lalu dijual terbatas hanya 3.700 unit.

Kabar non-resmi menyatakan kalau generasi mobil terlaris Toyota ini bakal meluncur akhir 2021. Sebagai mobil dengan penjualan jutaan unit, Avanza generasi baru juga disiapkan jadi model jangka panjang dengan beragam perkembangan teknologi ke depannya.

“Rencananya nanti kalau (Veloz GR) habis langsung ganti model. Semuanya baru, meluncur akhir tahun mungkin November atau Desember,” ujar salah satu pramuniaga Toyota di Jakarta Utara, kepada Kompas.com (2/9/2021).

Sementara itu, generasi baru Avanza kabarnya akan mengusung platform baru DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Perubahan sasis ini turut mengubah dapur pacunya. Namun urusan mesin sebetulnya tidak sepenuhnya baru. Tapi menggunakan unit yang sudah dipakai mobil Toyota dan Daihatsu. Dilansir Wapcar, Avanza atau Veloz terbaru akan mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc berkode 2NR-VE seperti yang digunakan pada Yaris dan Vios. Mesin ini juga dikawinkan dengan transmisi CVT atau manual 5-percepatan.

Selain itu mesin 1.300 cc juga akan tersedia, tepatnya unit 1NR-VE seperti yang digunakan pada Perodua Myvi atau Daihatsu Sirion di Indonesia. Bicara soal fitur, Avanza baru bakal disematkan berbagai teknologi canggih. Salah satunya, seperti Lane Keep Assist dan Adaptive Cruise Control.

Artinya, Avanza-Xenia baru bakal mengikuti jejak Raize-Rocky yang sudah memiliki fitur keselamatan aktif, yakni Toyota Safety Sense (TSS) atau Advance Safety Assist (ASA).

Wapcar juga melaporkan, model baru Avanza-Xenia sekaligus menjadi penerus Perodua Alza. Untuk diketahui, Alza merupakan MPV B-segment yang meluncur di Malaysia sejak 2009. Mobil ini pada dasarnya merupakan rebagde dari Daihatsu Boon, atau bisa dibilang Sirion yang dipanjangkan. Melihat desainnya, memang ada kemiripan di antara Alza dan gambar render calon Avanza baru.

Dikatakan juga bahwa calon Avanza-Xenia memiliki kode produksi D26A, yang mana cukup dekat dengan generasi baru Alza, yang berkode D27A. Sampai di sini tampaknya cukup jelas, bahwa platform DNGA yang digunakan di ketiga model jadi sebab Avanza baru harus beralih mengusung penggerak FWD, dari sebelumnya RWD.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabar Terkini Calon Avanza Baru, Meluncur Akhir Tahun dan Pakai FWD"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Agung Kurniawan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved