Breaking News:

Penyintas Covid-19 Harus Waspada Terjadi Kerusakan Ginjal, Cegah Risiko Dengan Konsumsi Ini

Jenis makanan dan minuman ini baik dikonsumsi untuk mencegah kerusakan ginjal penyintas Covid-19. Hal ini berdasarkan penelitian

Editor: adi kurniawan
Herbal BPOM
Ilustrasi Kerusakan Ginjal 

SRIPOKU.COM -- Berikut ini adalah enam bahan makanan yang dianjurkan dikonsumsi bagi pasien Covid-19.

Jenis makanan dan minuman ini baik dikonsumsi untuk mencegah kerusakan ginjal penyintas Covid-19.

Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Journal dari American Society of Nephrology.

Penelitian ini mengungkap jika penyintas Covid-19 lebih berisiko mengalami kerusakan ginjal dibanding orang pada umumnya.

Risiko lebih tinggi bukan hanya pada penyintas Covid-19 yang mengalami gejala berat, tetapi pasien tanpa gejala dan gejala ringan juga memiliki risiko yang sama.

Dilansir dari situs University of Minesota, dalam penelitian tersebut disebutkan jika dibandingkan dengan pasien yang tidak terinfeksi, pasien Covid-19 yang tidak dirawat di rumah sakit memiliki risiko 15 persen lebih tinggi untuk mengalami gangguan ginjal utama (misalnya, penyakit ginjal kronis).

Dan 30% lebih tinggi untuk cedera ginjal akut, dan 215% lebih tinggi untuk penyakit ginjal kronis dan stadium akhir (ESKD), atau lebih dari tiga kali lipat risikonya.

Sedangkan untuk pasien yang sakit kritis memiliki risiko tujuh kali lipat untuk kejadian ginjal utama, delapan kali risiko cedera ginjal akut, dan 13 kali risiko ESKD.

Untuk itu penting menjaga kesehatan ginjal ketika mengetahui terinfeksi Covid-19, terutama saat isolasi mandiri di rumah.

Ginjal menyaring produk limbah dari darah dan mengirimkannya keluar dari tubuh melalui urin.

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved