Breaking News:

Berita Palembang

Merdeka dari Riba, KMP-BS Dorong Masyarakat Cintai Bank Syariah

Komunitas Masyarakat Pecinta Bank Syariah (KMP-BS) akan mengajak masyarakat yang sebelum mencintai bank syariah berbalik menjadi jatuh cinta.

Penulis: Yandi Triansyah | Editor: Yandi Triansyah
Dokumen KMP-BS
KMP-BS dorong masyarakat cintai Bank Syariah 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Komunitas Masyarakat Pecinta Bank Syariah (KMP-BS) akan mengajak masyarakat yang sebelum mencintai bank syariah berbalik menjadi jatuh cinta.

KMP-BS ini lahir untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa.

Komunitas pecinta bank syariah ini sudah dideklarasikan bertepatatan pada hari jadi HUT RI yakni 17 Agustus 2021 lalu.

Ketua Umum Komunitas Masyarakat Pecinta Bank Syariah (KMP-BS), Abu Muhammad Dwiono Koesen Al Jambi, mengatakan, masih banyak pihaknya temukan kasus di bank syariah yang belum melakukan akad syari secara sempurna.

"Kalau belum ada yang sempurna kita ingatkan agar sempurna, kalau belum ada yang baik kita ingatkan untuk menjadi baik," kata Dwiono, Selasa (31/8/2021).

Sebagai contoh kata dia, akad syari yang belum sempurna yakni saat akad mudharabah, harus ada akad siap untung siap rugi.

"Kondisi ini membuat masyarakat menilai sama saja antara bank konvensional dan bank syariah," kata dia.

Begitu pula saat penyaluran dana, dimana saat akad murabahah yang didapat uang bukan barang.

"Undang-undangnya tentang Murabahah, yang menyatakan harus membeli terlebih dulu, kemudian memberitahu kepada masyarakat harga beli dan keuntungannya," kata dia.

"Jadi kita betul betul dengan pendekatan hikmah dan ilmu bukan menghakimi saudara kita yang belum sempurna, cukup dengan mengingatkan dan menyampaikan serta mengusulkan agar ada perbaikan untuk pelaksanaan akad akad syar'inya," kata dia.

Upaya ini mulai menemukan hasil positif. Di mana kata dia, seperti di Lampung bank syariah di sana sudah bisa menghilangkan denda keterlambatan dalam akad murabahahnya.

"Kita berharap bank syariah melakukan itu," kata dia.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved