Gambaran Konsep Smart City yang Akan Dilakukan Bupati Panca Wijaya untuk Ogan Ilir

Gambaran konsep smart city yang akan diterapkan bupati Panca Wijaya untuk Ogan Ilir.

Editor: Refly Permana
TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru didampingi Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar dan kontraktor dari PT Parosai saat meninjau pembangunan Stadion Tanjung Senai, Sabtu (28/8/2021). 

Penulis: Agung

SRIPOKU.COM, INDRALAYA - Sejak dilantik menjadi Bupati Ogan Ilir pada 26 Februari lalu, Panca Wijaya Akbar bersama Wakil Bupati Ardani bertekad membangun Ogan Ilir baik secara fisik maupun nonfisik. 

Secara fisik, salah satu yang jadi rancangan Pemkab Ogan Ilir adalah pengembangan wilayah kota Indralaya. 

Panca mengatakan, saat ini Pemkab Ogan Ilir sedang merancang konsep untuk membangun Indralaya menjadi smart city. 

"Ini rancangan konsep smart city untuk mengembangkan pusat kota di Ogan Ilir," kata Panca, Minggu (29/8/2021). 

Selain ingin mewujudkan Indralaya menjadi smart city, rancangan konsep pengembangan kota ini disiapkan untuk menyangga kota Palembang. 

"Dengan kepadatan kota Palembang, Ogan Ilir dalam hal ini Indralaya harus siap menjadi penyangga ibukota Provinsi Sumatera Selatan," ungkap Panca. 

Apalagi, Ogan Ilir menjadi satu-satunya daerah kabupaten di Sumatera Selatan yang menjadi persimpangan tiga ruas jalan tol. 

Ketiga ruas tol tersebut yakni Palembang-Indralaya (Palindra), Kayuagung-Palembang, dan saat ini sedang pengerjaan ruas tol Simpang Indralaya-Prabumulih (Indraprabu). 

Untuk tahap awal, Pemkab Ogan Ilir telah mengundang PT Hutama Karya guna membahas hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan mendasar pengembangan sebuah kota. 

"Pengembangan kota dari segi infrastruktur seperti drainase, listrik, jaringan gas, air bersih dan lain-lain itu menjadi kebutuhan dasar masyarakat," ucap Panca. 

Terpisah, Plt Executive Vice President (EVP) Pengembangan Bisnis dan Investasi PT Hutama Karya (Persero), Ekwan Hadyanto mengatakan, pihaknya akan mengikuti arahan Pemkab Ogan Ilir mengenai rencana pembangunan ini. 

Selain fokus pada pembangunan jalan tol, kata Ekwan, PT Hutama Karya juga ditugaskan pemerintah untuk mengembangkan kawasan di sekitar jalan tol. 

"Di Ogan Ilir termasuk daerah yang dilewati Jalan Tol Trans Sumatera, maka PT Hutama Karya berkonsultasi dengan Pemkab Ogan Ilir," jelas Ekwan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved