Breaking News:

Vaksin Moderna Cuma Satu Kali, RSMH Palembang Hanya Punya Stok 1.200 Dosis

Pemerintah terus menggencarkan program vaksinasi kepada tenaga kesehatan (Nakes) dan masyarakat umum, sebagai upaya memberikan kekebalan tubuh kelompo

Editor: RM. Resha A.U
TRIBUNSUMSEL.COM/ARIF
Penyuntikan vaksin kepada masyarakat umum di RSMH Palembang beberapa waktu lalu. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pemerintah terus menggencarkan program vaksinasi kepada tenaga kesehatan (Nakes) dan masyarakat umum, sebagai upaya memberikan kekebalan tubuh kelompok atau Herd Immunity terhadap Virus Covid- 19.

Dimana untuk vaksin yang digunakan saat ini, seperti vaksin jenis Sinovac buatan Cina, AstraZeneca diproduksi oleh Universitas Oxford dan Moderna buatan Amerika Serikat.

Ketua Tim Aerbondisis RSUP Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang, dr Zein Ahmad mengungkapkan, jika tenaga kerja kesehatan (Nakes) yang ada menjadi prioritas mendapatkan vaksin buatan Amerika Serikat yaitu Moderna.

Ia mengatakan, jika penyuntikan vaksin dengan model vaksin Moderna cukup 1 kali dosis, dan tidak perlu dilakukan vaksin kedua, mengingat hasil penelitian keefektifan vaksin tersebut mencapai 95 persen dalam menangkal virus Covid-19.

"Kalau yang sudah vaksin (Sinovac atau AtraZeneca) tidak lagi setahu kami, ini dari kebijakan RSMH Palembang yang sudah vaksin cukup sekali, lain kalau Nakes. Hal ini sesuai dengan penelitan jika massa kerjanya panjang," katanya, sabtu (27/8/2021).

Meski begitu, kemungkinan dilakukan penyuntikan untuk dosis kedua dari vaksin Moderna bisa dilakukan di kemudian hari, untuk kembali memberikan kekebalan terhadap tubuh.

"Kita tidak tahu suatu saat di booster lagi, tapi saat ini hanya cukup 1 kali dan keefektifannya menangkal virus Covid mencapai 95 persen berdasarkan penelitian dan cukup satu kali," ujarnya.

Baca juga: Link Pendaftaran Vaksin Moderna di Palembang, Dinas Kesehatan Kota Palembang Siapkan 1200 Dosis

Ditambahkan Zein, untuk pelaksanaan vaksin Moderna ini setahunya akan dilakukan sampai 1 September mendatang, mengingat stok yang diberikan pusat ke daerah terbatas.

"Jadi untuk Moderna ini selain Nakes sudah mayoritas divaksin dan jadi prioritas. Tetapi masyarakat umum juga bisa tapi terbatas, diperuntukan bagi yang belum sama sekali divaksin, agar semuanya merata," capnya seraya vaksin merek lainnya sudah habis saat ini, dan masih menunggu drooping dari pusat melalui Dinas kesehatan.

Sementara Humas RSMH Palembang, Ahmad Suhaimi menyatakan jika saat ini pihak RSMH Palembang telah menyuntikan vaksin Moderna kepada Nakes dan masyarakat secara terbatas berkaca dari jumlah vaksin yang tersedia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved