Breaking News:

Meskipun Sudah Dibolehkan, Ibu Hamil Harus Perhatikan Efek Samping Vaksin Covid-19, Ini Caranya

Vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil sudah didukung oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunizatio

Editor: adi kurniawan
SRIPOKU.COM/ANTON
Ilustrasi ibu hamil 

SRIPOKU.COM -- Vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil sudah didukung oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Meski begitu, ibu hamil tetap harus memerhatikan efek samping vaksin Covid-19 yang bisa terjadi.

Diketahui, sama seperti vaksin lainnya vaksin Covid-19 juga dapat menimbulkan efek samping.

Disebutkan dalam artikel "Possible Side Effects After Getting a COVID-19 Vaccine" di laman cdc.gov (16/3/2021), bahwa efek samping vaksin Covid-19 bisa dirasakan di area lengan yang disuntik dan juga pada seluruh tubuh.

Adapun efek samping yang bisa dirasakan pada area yang disuntikan vaksin Covid-19, diantaranya terasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan.

Sedangkan pada seluruh tubuh, efek samping yang bisa dirasakan diantaranya Kelelahan, Sakit kepala, nyeri otot, panas dingin, demam dan mual.

Untuk meminimalisir risiko efek samping tersebut, ibu hamil harus memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan resmi beberapa waktu lalu mengatakan ibu hamil yang ikut vaksinasi Covid-19 perlu mengikuti proses skrining.

"Jika memiliki penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut, maka vaksin dapat diberikan," ujar Wiku dilansir dari Kontan.co.id (27/8/2021).

Semetara itu, Juru Bicara Vaksinasi Reisa Broto Asmoro juga memberikan tips agar vaksinasi bagi bumil berjalan aman.

Halaman
1234
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved