Breaking News:

Kalimantan Punya Jalan Tol Pertama, Benarkah Jadi Awal Menyambut Kepindahan Ibu Kota Negara?

Seiring dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pembangunan di kota ini terus dilakukan.

Editor: adi kurniawan
Kementerian PUPR
Jalan Tol Kalimantan yang membentang dari Balikpapan - Samarinda sepanjang 97,3 kilometer 

SRIPOKU.COM -- Seiring dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pembangunan di kota ini terus dilakukan.

Sebuah sejarah baru terjadi di tempat ibu kota baru ini, jalan tol pertama akhirnya ada di Bumi Balikpapan.

Jalan tol itu membentang dari Balikpapan hingga Samarinda sepanjang 97,3 kilometer. Ini merupakan tol pertama yang dimiliki Kalimantan.

Tol tersebut diresmikan bersamaan dengan terus berjalannya rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Ini juga menjadi momen bersejarah karena tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Ini capaian yang patut kita syukuri," kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan tol, Selasa (24/8/2021).

Jokowi berharap keberadaan Tol Balikpapan-Samarinda mampu memperbaiki jaringan logistik menjadi lebih baik, lebih efisien, dan cepat.

Dengan demikian, biaya pengiriman logistik dapat ditekan, termasuk komoditas-komoditas yang diproduksi di Kalimantan Timur.

Presiden juga ingin titik-titik pertumbuhan ekonomi baru muncul dengan keberadaan jalan tol ini.

"Dan tentu saja produk-produk ekspor dari provinsi ini akan memiliki daya saing yang tinggi sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan semakin kompetitif," kata dia.

Dengan adanya jalan tol ini, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah tidak ingin hanya membangun infrastruktur di Pulau Jawa atau Sumatera.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved