Breaking News:

Virus Corona di Palembang

Ibu Hamil Jangan Takut Divaksin, tak Sedikit Ibu Hamil Terpapar Covid-19 Bergejala Berat

Ibu hamil kini sudah diperbolehkan untuk divaksin covid-19 dengan rentang usia kehamilan mulai dari 13 Minggu hingga 33 Minggu. 

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Sudarwan
Dok Pribadi
dr Casa Nova Ayati SpOG salah satu dokter Spesialis Kandungan RS Siloam Sriwijaya 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Kasus ibu hamil yang terpapar covid-19 kini sudah tak sedikit jumlahnya.

Inilah yang kemudian menjadikan acuan agar ibu hamil juga harus mendapatkan vaksinasi covid-19. 

Sejak 2 Agustus 2021 lalu, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran terkait petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil.

Lalu, seberapa penting vaksinasi ini, dr Casa Nova Ayati SpOG salah satu dokter Spesialis Kandungan RS Siloam Sriwijaya memberikan penjelasan.

Dikatakannya ibu hamil kini sudah diperbolehkan untuk divaksin covid-19 dengan rentang usia kehamilan mulai dari 13 Minggu hingga 33 Minggu. 

"Sebenarnya dari perhimpunan dokter sudah lama menyarankan untuk vaksinasi covid-19. Sebagai dokter tentu perlu dasar penelitian dan ini sudah diuji coba bahwa ibu hamil yang divaksin aman dan tidak ada resiko baik untuk Ibu atau anak yang dikandung, Jadi jangan takut divaksin," katanya, Jumat (20/8/2021).

Saat kondisi pandemi ini, sudah banyak ibu hamil yang terpapar Covid-19 dan hampir 13,8 persen ibu hamil yang terpapar memiliki gejala berat.

Makanya, sangat disarankan agar Ibu hamil divaksinasi. 

"Karena daya tahan tubuh Ibu hamil harus bagus, kalaupun nanti terpapar dan sudah divaksin gejalanya tidak terlalu parah sehingga bisa menjadi daya lindung selain antibodi Ibu hamil sendiri," katanya.

dr Casa Nova mengatakan, bagi Ibu hamil termasuk kelompok yang berisiko untuk terpapar covid-19 sehingga selama masa kehamilan perlu mendapatkan perhatian lebih dalam hal menjaga kesehatannya. 

Apabila sudah terpapar Covid-19, tatalaksana perawatan bagi ibu hamil yang terpapar akan menjadi kunci untuk pasca persalinan. 

"Di saat masa kehamilan tapi tata laksana perawatan tidak baik bisa memperburuk kondisi. Belum lagi jika Ibu hamil mempunyai komorbid dll, resiko pasca persalinan juga berat. Fakta di lapangan ketika sudah ner gejala berat dan terlambat tatalaksana penanganan mau tidak mau anak yang dikandung harus kita lahirkan atau bisa saja lahir prematur, " Jelasnya. 

Ia pun membagikan tips, agar Ibu hamil selain mengonsumsi obat dan vitamin khusus hamil sebaiknya juga menambah asupan vitamin C dan lain-lain untuk jaga kondisi tubuh.

"Selalu menerapkan protokol kesehatan sebisa mungkin selalu menggunakan masker saat keluar rumah, " Jelasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved