Breaking News:

Calon Penumpang Kereta Api Wajib Menunjukkan Kartu Vaksin dan Hasil Negatif Tes RT-PCR atau Antigen

Aturan menggunakan KA terbaru mengacu pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 17 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri

Editor: Sudarwan
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Dua calon penumpang kereta api melakukan GeNose C-19 di Stasiun Kertapati Palembang, Kamis (29/4/2021). Seiring dengan PPKM level, calon penumpang KA kini wajib menunjukkan Sertifikat Vaksin dan Hasil Negatif Tes RT-PCR atau Antigen 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di berbagai wilayah, khususnya kota Palembang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus melakukan adaptasi dalam memberikan pelayanan ke penumpangnya.

Hingga saat ini KAI masih menerapkan persyaratan perjalanan menggunakan kereta api secara ketat.

Aturan menggunakan KA terbaru mengacu pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 nomor 17 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti menjelaskan, sesuai ketentuan yang berlaku syarat perjalanan menggunakan KA jarak jauh yang ada di Divre III Palembang terdapat 3 poin.

"Menunjukkan kartu vaksin, minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama," kata Aida, Kamis (19/8/2021).

Sementara bagi pelanggan, dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, Aida menerangkan calon penumpang wajib melampirkan surat keterangan dokter, dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum danatau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Syarat kedua untuk naik KA, calon penumpang harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam, atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket atau kode booking, dapat melakukan pemeriksaan antigen di stasiun dengan tarif Rp 85 ribu, yang dalam pelaksanaannya PT KAI bekerjasama dengan PT RNI (Rajawali Nusantara Indonesia) group.

"Sedangkan poin ketiga, pelanggan usia di bawah 12 tahun, untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan," tuturnya.

Aida menambahkan, calon penumpang yang tidak memenuhi persyaratan, maka tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan dan tiket akan dikembalikan 100 persen.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved