Breaking News:

Virus Corona

Selama Covid-19 Masih Jadi Pandemi, Luhut : PPKM Akan Terus Diterapkan

selama Covid-19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat

Editor: Yandi Triansyah
Tribunnews.com
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta publik memahami, Covid-19 varian Delta tidak mudah dikendalikan. 

SRIPOKU.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, memastikan selama Covid-19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap diterapkan.

Hal ini diungkapkan Luhut untuk menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan untukknya soal PPKM.

Menurut Luhut, dirinya kerap mendapatkan pertanyaan terkait kelanjutan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari berbagai lapisan masyarakat.

"Saya ingin menjelaskan bahwa selama Covid-19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat," kata Luhut dalam konfrensi pers virtual, Senin (16/8/2021).

Luhut mengatakan, jika kondisi Covid-19 membaik makan level PPKM akan diturunkan, bahkan berharap situasi mendekati kehidupan normal yang baru.

Oleh sebab itu, pihaknya akan mengevaluasi terus tiap pekannya sehingga perubahan kondisi direspon dengan cepat.

Menurut dia, ada tiga pilar utama dalam penanganan pandemi Covid-19.

Pertama adalah peningkatan coverage vaksinasi secara cepat, kedua penerapan 3T yang tinggi, dan terakhir adalah kepatuhan 3M terutama soal penggunaan masker yang baik.

"Untuk tracing, di Jawa-Bali berdasarkan laporan dari TNI dan Polri, rasio kontak erat sudah mencapai lima sampai enak orang untuk setiap satu pasien positif. Tentunya ini akan terus kami tingkatkan ke depannya," kata Luhut.

Perlu diketahui, status PPKM Level 4 dan Level 3 yang berakhir pada hari ini, telah diperpanjang hingga sepekan ke depan, tepatnya 23 Agustus 2021.

Selain itu, pemerintah juga mencoba memperluas cakupan kota untuk pembukaan pusat perbelanjaan atau mal hingga penambahan kapasitas tempat ibadah.

Uji coba ini dilakukan karena berdasarkan hasil evaluasi PPKM Level 4, 3 dan 2 yang diterapkan pada 7-16 Agustus, tren kasus konfirmasi positif Covid-19 mulai turun hingga 76 persen dan kasus aktif turun 53 persen.

Pemerintah pun mengklaim, angka kesembuhan meningkat, sebaliknya angka kematian mulai dapat ditekan.

Waktu Makan di Warung Dibatasi 30 Menit, PPKM Level 4 Jawa-Bali Diperpanjang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut: Selama Covid-19 Masih Jadi Pandemi, PPKM Tetap Diterapkan ",

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved