Breaking News:

PON 2021 di Papua

Atlet Renang NPC Papua Gelar TC di Palembang, Sampai Datangkan Pendeta Untuk Pembinaan Mental

Sebanyak 40 atlet NPC Papua Cabor renang diberi motivasi dan pembinaan mental yang tengah menjalani TC di Jakabaring Sport City Palembang, Rabu (11/8/

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: RM. Resha A.U
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Mayor Inf Pdt Luther Ayomi selaku pembina mental didampingi coach Tabernakel Waromi memberikan motivasi pembinaan mental kepada puluhan atlet NPC Papua Cabor renang yang menjalani TC di Jakabaring Sport City Palembang, Rabu (11/8/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sebanyak 40 atlet NPC Papua Cabor renang diberi motivasi dan pembinaan mental yang tengah menjalani TC di Jakabaring Sport City Palembang, Rabu (11/8/2021). 

Di bawah binaan pelatih kepala sekaligus koordinator cabor renang NPC Papua, Tabernakel Waromi para atlet renang ini telah mengikuti TC selama enam bulan yang dipersiapkan untuk bertanding di Peparnas (Pekan Paralyimpic Nasional) XVI di Papua, 2-15 November 2021 mendatang. 

"Yang kita lakukan barusan pembinaan mental terhadap atlet yang tengah melakukan TC di JSC Palembang selama kurang lebih enam bulan agar mereka mungkin ada yang merasa canggung ingat orangtua mereka dengan kebiasaan mereka di Papua," ungkap Mayor Inf  Pdt Luther Ayomi selaku pembina mental kepada Sripoku.com.

Sehingga kata Luther, ketika ia datang dengan bahasa saja kepada mereka spirit dengan perkataan-perkataan itu bahasa Papua.

Itu akan membangkitkan dan menggugah mereka menjadi atlet yang baik, penuh ketaatan apa yang disampaikan pelatih, pembinanya. 

"Itu yang kita lakukan sore hari ini. Ini akan rutin kita lakukan disesuaikan jarak Kami memberikan petunjuk kepada coach. Selama enam bulan ini pertama kali pertama saya datang. Waktu yang lain-lain kita serahkan kepada coach dalam pembinaan mental karena coach sehari-hari bersama mereka," jelasnya. 

Baca juga: Motivasi Atlet Renang Sumsel Asal Muara Enim, Siap Persembahkan 2 Emas Saat Peparnas 2021 di Papua

Sementara pelatih kepala sekaligus koordinator cabor renang NPC Papua, Tabernakel Waromi menjelaskan kalau pembinaan mental ini sengaja mengadakan ini karena ini sudah satu paket dengan kalender program latihan. 

"Program pembinaan mental ini penting karena bagi atlet walaupun latihannya sudah tinggi, tetapi kalau tidak dibarengi mental yang baik itu ibarat bangun rumah fondasinya rapuh tidak kuat," jelasnya. 

Jadi menurutnya sengaja dilakukan pembinaan mental ini untuk membangun fondasi yang kuat sehingga mental tanding, mental juara itu akan muncul dengan pembinaan ini. 

"Pemilihan TC ini yang menentukan ada koordinator kita. Setelah dilakukan evaluasi dari beberapa tempat yang harus jadi tempat kota TC, Palembang memang sangat aman dan baik untuk atlet datang. Karena dilihat dari fasilitas dan sarana-sarana pendukung lainnya. Akhirnya diputuskan kita TC di Palembang," terangnya. 

Untuk sementara atlet yang ikut ada 40 orang TC di sini. Yang TC di Papua juga ada 7 orang, 2 orang di Sulawesi. 

"Target kita khusus untuk renang di Peparnas nanti kita bisa juara 1. Yang sudah ditargetkan 50 medali emas," pungkasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved