Breaking News:

RS Tambah Kapasitas Kamar 40 Persen, Antisipasi Ketersediaan BOR

Dengan mempertimbangkan kondisi kasus COVID-19 yang fluktuatif, 18 Rumah Sakit (RS) rujukan penanganan COVID-19

Penulis: Rahmaliyah | Editor: bodok
SRIPOKU.COM/Rahmaliyah
Sekda Kota PaLembang Drs Ratu Dewa MSi 

Laporan Wartawan Sripoku. Com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Mempertimbangkan kondisi kasus COVID-19 yang fluktuatif, 18 Rumah Sakit (RS) rujukan penanganan COVID-19 di Kota Palembang telah menambah kapasitas tempat tidur perawatan pasien COVID-19 sebesar 40 persen.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang, Drs Ratu Dewa MSi mengatakan, selama Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Palembang mendorong menurunnya angka Bed Occupancy Rate (BOR) di Palembang yang saat ini sudah diangka 70,27 persen. 

"Sekarang semua RS di Palembang telah menambah kapasitas kamar perawatan sebanyak 40 persen. Memang dahulu kita keterbatasan ruang ICU dan Ventilator namun saat ini sudah ditangani dengan penambahan kamar, seperti di RSUD Bari," jelasnya, di Rumah Dinas Walikota, Senin (9/8/2021). 

Dewa mengatakan, meski ketersediaan kamar ditambah kunci agar perkembangan kasus tak bertambah ada di disiplin protokol kesehatan.

"Kuncinya prokes, kita bersyukur dua pekan ini trennya menurun," kata Dewa. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fauziah Mkes mengatakan, semua RS di Kota Palembang berangsur melakukan penambahan ruangan perawatan pasien COVID-19 kamar 40 persen dan ruang ICU 25 persen dari jumlah kamar isolasi. 

"Untuk penambahan ruangan isolasi bisa, tapi untuk ICU dilakukan bertahap pertama karena persoalan peralatan yang canggih dan juga SDM kesehatannya sudah spesifik dan komplek makanya penambahan bertahap," tutur Fauziah. 

Menurutnya, konsentrasi dalam penanganan COVID-19 bukan pada persediaan kamar, akan sia-sia saja jika tidak diiringi oleh disiplin protokol kesehatan.

"Percuma kalau kamar ditambah tapi kasusnya juga bertambah, kuncinya masyarakat harus disiplin prokes," tandasnya. (Yak) 

Data 

Saat ini Jumlah Tempat Tidur (TT) Isolasi yang terisi : 1.052 TT (70,27 %)
Jumlah TT Isolasi yang kosong : 445 TT (29,73 %)
Pasien yang di Rawat di Rumah Sehat : 111 orang

Jumlah ketersediaan TT Isolasi di 18 RS Rujukan : 1.497 TT
Rumah Sehat Wisma Atlet Jakabaring : 220 TT
Ruang Isolasi RS : 1.386 TT (92,59 %) 
Ruang Intensif RS COVID 19 : 111 TT (7,41 %)
TT Persiapan RS : 54 TT

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved