Breaking News:

Olimpiade Tokyo 2020

DOMINASI 5 Nomor Sekaligus, Siapa Atlet Peraih Medali Emas Terbanyak di Olimpiade Tokyo 2020?

Kelima medali emas itu ia raih dalam kurun delapan hari sambil mengukir rekor dunia di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra

Editor: Wiedarto
AFP/ODD ANDERSEN
Medali emas Olimpiade Tokyo 2020. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Atlet menjadi bagian terpenting dalam sebuah pergelaran ajang olahraga, termasuk Olimpiade Tokyo 2020 yang telah rampung pada Minggu (8/8/2021). Berdasarkan data, jumlah atlet yang terlibat dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 mencapai 11.483 orang. Mereka datang dengan satu misi, yakni meraih prestasi tertinggi pada perhelatan multiajang empat tahunan tersebut. Prestasi tertinggi di Olimpiade Tokyo 2020 kemudian terwujud dalam rupa medali emas.

Para atlet peserta Olimpiade Tokyo 2020 telah berlatih keras, merelakan waktu dan tenaga, demi benda yang kerap dianggap tak ternilai harganya itu.  Setelah melalui pejuangan panjang, hanya sebagian atlet yang pada akhirnya berhak membawa pulang medali emas. Hal itu membuat atlet peraih emas Olimpiade menjadi sosok yang dianggap berjasa oleh negara masing-masing.

Di Indonesia, ada Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang merasakan anggapan tersebut. Mereka menjadi peraih medali emas terkini setelah sebelumnya sudah ada beberapa atlet Indonesia yang mengukir pancapaian serupa. Pada Olimpiade Tokyo, Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas di cabor badminton, tepatnya nomor ganda putri. Mereka menjadi satu-satunya penyumbang medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020.

Setelah pulang ke Tanah Air, Greysia/Apriyani disambut bak pahlawan bersama peraih medali lainnya seperti atlet angkat besi Eko Yuli Irawan yang berhasi membawa pulang satu perak. Di samping itu, juga ada tiga atlet peraih medali perunggu, yakni Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi), Windy Cantika Aisah (angkat besi), dan Anthony Sinisuka Ginting (badminton).

Mereka semua layak disambut dan dibanggakan sebagai pahlawan olahraga Indonesia. Lalu, bagaimana dengan para peraih emas dari negara lain? Rasa-rasanya hal serupa juga mereka rasakan. Di Amerika Serikat contohnya. Di sana, ada atlet bernama Caeleb Dressel. Pada Olimpiade Tokyo 2020, dia turun di berbagai nomor cabang olahraga renang. Jika Anda bertanya-tanya siapa peraih medali emas terbanyak di Olimpiade Tokyo 2020 ketika membuka artikel ini, Caeleb Dressel orangnya.

Selama berjuang di Olimpiade Tokyo, dia berhasil meraih lima medali emas di lima nomor berbeda, yakni 100 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya bebas, 4 x 100 meter estafet gaya bebas, 4 x 100 meter estafet gaya ganti, dan 50 meter gaya bebas putra. Kelima medali emas itu ia raih dalam kurun delapan hari sambil mengukir rekor dunia di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra. Sama seperti Greysia/Apriyani di Indonesia, Caeleb Dressel pun dianggap sebagai pahlawan. Dia banjir pujian dan apresiasi saat mengunggah momen perjuangannya di Olimpiade Tokyo 2020 lewat akun Instagram pribadi.

Caeleb Dressel kemudian dipastikan menjadi atlet peraih medali emas terbanyak setelah unggul dua keping emas atas sepasang perenang asal Australia, Emma McKeon dan Kaylee McKeown, Lewat torehan lima emas, Caeleb Dressel bisa dibilang menjadi atlet paling berkontribusi terhadap keberhasilan Amerika Serikat dalam meraih status juara umum Olimpiade Tokyo 2020.

Amerika Serikat menjadi juara umum berkat raihan 39 medali emas yang kemudian diikuti dengan torehan 41 perak dan 33 perunggu. Perjalanan Amerika Serikat untuk menjadi juara umum Olimpiade Tokyo 2020 terbilang dramatis. Mereka sempat tertinggal dari China tetapi bisa menyalip pada hari terakhir rangkaian Olimpiade Tokyo 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siapa Atlet Peraih Medali Emas Terbanyak di Olimpiade Tokyo 2020?"
Penulis : Benediktus Agya Pradipta
Editor : Tri Indriawati

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved