Breaking News:

Pencuri Pipa Jembatan PT Pertamina di Muara Enim Ditangkap, Sempat Dikejar Bripka Herry Mahathir

Dalam perjalanan menuju TKP rombongan anggota, berpapasan dengan mobil pikap Daihatsu Grand Max BG 9613 DK yang mencurigakan

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Refly Permana
handout/sripoku.com
Pencuri pipa milik Pertamina di Muara Enim. 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM -  Ucok (22), warga Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim, ditangkap karena mencuri pipa besi jembatan penghubung menuju lokasi sumur minyak 210 milik PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Limau Field Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (7/8/2021).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kejadian tersebut terungkap berawal ketika empat orang sekuriti PT Pertamina sedang melaksanakan patroli rutin di lokasi sumur minyak 210 Desa Tanjung Menang.

Saat akan melintasi jembatan pipa besi penghubung menuju lokasi sumur 210, mereka mendapati pipa besi pengaman dan penyanggah jembatan sudah hilang dicuri dengan cara dipotong dengan menggunakan las potong. 

Melihat hal tersebut, anggota sekuriti Pertamina langsung melaporkan kejadian tersebut ke perusahaan.

Setelah menerima laporan pengaduan tersebut, anggota reskrim dipimpin oleh Bripka Herry Mahathir langsung melakukan olah TKP dan penyelidikan.

Dalam perjalanan menuju TKP rombongan anggota, berpapasan dengan mobil pikap Daihatsu Grand Max BG 9613 DK yang mencurigakan dari arah lokasi sumur minyak 210.

Kemudian, anggota meminta kepada pelaku untuk berhenti. Namun mobil yang sarat muatan potongan pipa besi tidak mau berhenti dan menambah laju kecepatan hendak melarikan diri.

Melihat hal tersebut, anggota kepolisian bertambah curiga dan dengan sigap langsung melakukan pengejaran dan berhasil menghentikan mobil tersebut.

Namun ketika akan ditangkap, salah pelaku RN (31) berhasil melarikan diri, sedangkan pelaku Ucok berhasil diamankan. 

Akibat kejadian tersebut pihak PT Pertamina hulu rokan zona 4 Limau Field mengalami kerugian sebesar Rp 7,5 juta dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Rambang Dangku untuk ditindak lanjuti.

Kapolres Muara Enim, AKBP Danny Sianipar SIK melalui Kapolsek Rambang Dangku AKP Sofiyan Ardeni SH, mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah mengamankan satu pelaku bersama barang buktinya yakni 17 batang potongan pipa besi dengan rincian 8 batang pipa besi ukuran 8 inchi panjang 2 meter, 9 batang pipa besi ukuran 4 inchi panjang sekitar 2 meter, 1 unit mobil Pick Up Grand Max Nopol BG 9613 DK dan 1 buah tabung oksigen untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sedangkan rekannya RN masih dalam pengejaran karena identitasnya sudah diketahui.

Pelaku Ucok mengakui perbuatannnya dengan alasan desakan ekonomi.

Atas perbuatannya pelaku akan dikenakan Pasal 363 ayat 1-4 dan 5 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved