Breaking News:

Konflik Laut China Selatan

LAUT China Selatan Disesaki Kapal Perang Asing, Termasuk 4 Fregat India Gabung Armada Amerika

Laut China Selatan telah menjadi salah satu dari banyak titik panas hubungan yang sulit antara China dan AS.

Editor: Wiedarto
AP PHOTO/BIKAS DAS
Dalam file foto 5 Desember 2019 ini, adalah Kapal perang Angkatan Laut India INS Kirch. 

SRIPOKU.COM, INDIA--India mengirim satuan tugas angkatan laut ke Laut China Selatan bulan ini, yang diklaim untuk memperluas hubungan keamanan dengan negara-negara sahabat. Reuters melaporkan kebijakan itu menandakan niat India untuk memainkan peran yang lebih besar, dalam upaya regional untuk melawan China.

Militer India umumnya waspada dalam memusuhi China, tetapi suasana menegang setelah bentrokan antara pasukan di perbatasan darat yang disengketakan tahun lalu. Pemerintah sejak itu semakin dekat dengan Amerika Serikat (AS) dalam upaya untuk melawan China. “Empat kapal termasuk perusak peluru kendali dan fregat rudal akan dikerahkan untuk periode dua bulan ke Asia Tenggara, Laut Cina Selatan dan Pasifik barat,” kata angkatan laut dalam sebuah pernyataan pada Rabu (4/8/2021).

Menurut pernyataan itu, “pengerahan kapal Angkatan Laut India berusaha untuk menekankan jangkauan operasional, kehadiran damai dan solidaritas dengan negara-negara sahabat, untuk memastikan ketertiban yang baik dalam domain maritim ."

Laut China Selatan telah menjadi salah satu dari banyak titik panas hubungan yang sulit antara China dan AS. Washington menolak apa yang disebutnya klaim teritorial yang melanggar hukum oleh Beijing di perairan yang kaya sumber daya itu.

Pada Juni, kelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Ronald Reagan memasuki Laut Cina Selatan sebagai bagian dari misi rutin. Kelompok kapal induk Inggris juga akan melakukan latihan di Laut Filipina bulan ini. Ditambah minggu ini juga masuk kapal perang pasukan Jerman.

Angkatan Laut India mengatakan sebagai bagian dari penempatan mereka, kapal-kapal India akan mengambil bagian dalam latihan perang bersama tahunan yang melibatkan AS, Jepang dan Australia di lepas pantai Guam. Keempat negara tersebut membentuk Quad, sebuah kelompok informal, yang dipromosikan oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden, sebagai cara untuk melawan China dengan tegas.

"Inisiatif maritim ini meningkatkan sinergi dan koordinasi antara Angkatan Laut India dan negara-negara sahabat, berdasarkan kepentingan maritim bersama dan komitmen terhadap Kebebasan Navigasi di laut," kata angkatan laut India dalam pernyataannya. China di masa lalu mengkritik manuver militer multilateral sebagai destabilisasi kawasan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Perang Asing di Laut China Selatan Bertambah, India Menyusul Kirim Pasukannya"
Penulis : Bernadette Aderi Puspaningrum
Editor : Bernadette Aderi Puspaningrum

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved