Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Cara Mengolah Daun Sungkai Ala Masyarakat OKU Selatan, Katanya Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Daun sungkai dimanfaatkan masakan air rebusannya dijadikan sebagai konsumsi minuman. Adapun pengolahan daun tersebut dengan cara dimasak.

Penulis: Alan Nopriansyah | Editor: Refly Permana
sripoku.com/alan
Seorang warga OKU Selatan memperlihatkan daun sungkai. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Sebaran kasus Virus Corona di OKU Selatan meningkat, sejumlah warga lantas ramai-ramai memburu tanaman liar daun Sungkai, Senin (26/7/2021).

Air rebusan tumbuhan liar daun sungkai dipercaya warga sebagai obat herbal untuk meningkatkan imun tubuh penyembuhan Virus Corona di musim pandemi Covid-19. 

Alhasil, tumbuhan liar yang kerap berada di hutan dan semak belukar di tepi jalan itu menjadi buruan para warga dari Muaradua hingga pelosok desa di OKU Selatan dalam beberapa hari belakangan.

"Sejak sepekan terakhir banyak yang memburu daun sungkai untuk obat herbal menyembuhkan dari Virus Corona," terang Fauzi, warga Muaradua. Senin (26/7/2021).

Daun sungkai dimanfaatkan masakan air rebusannya dijadikan sebagai konsumsi minuman. Adapun pengolahan daun tersebut dengan cara dimasak.

Benarkah Daun Sungkai Bisa Sembuhkan Covid-19? Simak Penjelasan Satgas Covid-19 PALI

Langkah pertama beberapa tangkai daun sungkai diambil secukupnya dibersihkan terlebih dahulu sebelum direbus dengan 3 gelas air putih.

Selanjutnya, 3 gelas air tersebut dicampur dengan daun sungkai yang telah dibersihkan tadi, lalu rebus hingga mendidih sehingga berkurang menjadi satu gelas air untuk satu orang yang meminum.

Setelahnya, tambahkan garam secukupnya untuk mengurangi rasa pahit air rebusan daun sungkai.

Akan tetapi, warga OKU Selatan menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi dapat menyebabkan darah tinggi.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved