Breaking News:

Jangan Melakukan Salat di 4 Waktu Ini, Hukumnya Haram, Begini Penjelasannya

Salat merupakan tiang agama bagi umat Islam, namun ada waktu-waktu tertentu yang ditetapkan untuk melaksanakan salat.

Editor: adi kurniawan
Net
ilustrasi salat 

SRIPOKU.COM -- Salat merupakan tiang agama bagi umat Islam, namun ada waktu-waktu tertentu yang ditetapkan untuk melaksanakan salat.

Tak hanya salat wajib, salat sunnah pun sebaiknya rajin dikerjakan agar mendapat ridha Allah SWT. Salat sunnah memang baik bila dikerjakan setiap saat. Namun sebenarnya ada waktu-waktu tertentu yang terlarang untuk menunaikan salat, kecuali kondisi kuat tertentu.

Berikut waktu terlarang untuk mengerjakan salat dari berbagai sumber:

1. Waktu terlarang untuk mengerjakan salat yang pertama ialah di waktu pagi. Yakni waktu Setelah salat subuh sampai matahari menyising setingga tombak atau hingga setelah matahari terbit selama seperempat atau sepertiga jam.

Sebuah hadits menguatkan hal ini, dari Uqbah bin Amir radhiyallahu anhu berkata:

Ada tiga waktu di mana Nabi SAW melarang kami untuk melaksanakan salat di tiga waktu tersebut atau menguburkan jenazah kami, yaitu ketika (1) matahari terbit sampai tinggi, ketika seseorang berdiri (2) di tengah hari saat matahari berada tinggi di tengah langit (tidak ada bayangan di timur dan di barat) sampai matahari tergelincir dan (3) ketika matahari miring hendak tenggelam sampai benar-benar tenggelam. HR. Muslim.

2. Matahari Terbit Hingga Matahari Meninggi

Waktu yang dimaksud di sini sama dengan penjelasan sebelumnya. Ketika kira-kira 15 menit setelah matahari terbit.

Jika matahari sudah terbit dan berselang waktu, Anda diperbolehkan untuk mengerjakan salat sunnah, seperti Dhuha dan Istikharah.

3. Kira-kira 10 Menit Sebelum Dzuhur

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved