Breaking News:

"GUNAKAN PCR Istri," PRIA Nyamar Jadi Wanita, Kenakan Cadar dan Hijab Kelabui Petugas Bandara

Pria bercadar yang kemudian diketahui sebagai DW itu menggunakan hasil tes swab PCR istrinya saat melewati pemeriksaan di Bandara Halim

Editor: Wiedarto
Dok. Citilink
ILUSTRASI - Penumpang Citilink 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Citilink Indonesia mengungkapkan, seorang pria mengelabui petugas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (18/7/2021) dengan mengenakan cadar dan menggunakan KTP istrinya agar lolos terbang ke Ternate, Maluku Utara.

Pria bercadar yang kemudian diketahui sebagai DW itu menggunakan hasil tes swab PCR istrinya saat melewati pemeriksaan protokol kesehatan di Bandara Halim. Dia pun lolos di Bandara Halim.

Ulahnya baru ketahuan setelah pesawat mendarat di Bandara Sultan Baabullah Ternate pada hari yang sama. Vice President Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Resty Kusandarina mengatakan, DW telah melalui serangkaian proses pemeriksaan dokumen perjalanan oleh petugas di Bandara Halim. Identitas palsu DW baru diketahui setelah dia tiba di Bandara Sultan Baabullah Ternate.

"Saat semua penumpang sudah turun dari pesawat, pramugari Citilink melihat bahwa penumpang yang diduga perempuan dengan menggunakan jilbab dan jaket panjang masuk ke dalam toilet pesawat (lavatory)," kata Resty dalam keterangannya, Senin. Ketika keluar dari toilet pesawat, DW memperlihatkan identitas aslinya sebagai pria dengan menggunakan kaos pendek dan jaket serta hijab yang terjuntai.

"Pramugari Citilink kemudian segera melaporkan kepada petugas darat dan keamanan di bandara kedatangan, untuk dilakukan pemeriksaan dan diketahui bahwa boarding pass dan KTP penumpang tersebut berbeda," lanjut Resty.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen, DW telah memalsukan dokumen penerbangan tersebut. DW kemudian diserahkan kepada pihak kepolisian dan satgas gabungan setempat untuk diperiksa lebih lanjut sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Sebagai bentuk komitmen dalam menjaga nilai-nilai keselamatan dan kenyamanan penerbangan, Citilink akan melakukan koordinasi lebih erat kepada seluruh stakeholders untuk memastikan kelengkapan dokumen perjalanan penumpang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," kata Resty.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Nandang Sukarna juga telah mengonfirmasi bahwa DW berangkat dari Bandara Halim. "Betul, itu dari Halim Perdanakusuma kemarin tanggal 18 Juli 2021, tapi itu sebetulnya niat yang bersangkutan memalsukan (hasil tes PCR)," kata Nandang saat dihubungi, Senin.

Selain menggunakan tes PCR istrinya, DW juga memakai cadar untuk menutupi wajahnya. "Dia menyamar dan sebagainya. KTP juga dari istrinya," kata Nandang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pria Bercadar Pakai Hasil PCR Istri agar Lolos Naik Pesawat, Ketahuan Setelah Tiba di Bandara Tujuan"
Penulis : Nirmala Maulana Achmad
Editor : Egidius Patnistik

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved