Breaking News:

BUKAN Sihir Bukan Juga Sulap, Ingin Daging Kurban Cepat Lembut, Campurkan Buah Ini Dijamin Tokcer

Dalam mengolah daging, salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan mencampurkan nanas di dalamnya.

Editor: Wiedarto
FREEPIK/8PHOTO
Ilustrasi nanas 

SRIPOKU.COM– Dalam mengolah daging, salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan mencampurkan nanas di dalamnya. Nanas diyakini bisa membuat daging lebih lembut. Ternyata, hal ini benar. Kenapa nanas bisa membuat daging menjadi empuk?

Dikutip dari Science Howstuffworks, kemampuan nanas membuat daging menjadi empuk karena kandungan bromelain yang merupakan campuran alami dari dua protease yang ada dalam nanas. Kemampuan bromealin dalam melembutkan daging ini tak terlepas dari kemampuannya memecah asam amino. Asam amino merupakan senyawa organik yang ada dalam sel hidup. B

Senyawa ini berfungsi membentuk ikatan peptida yang kemudian membentuk protein. Protein inilah yang melakukan berbagai fungsi, termasuk membentuk sel dan jaringan. Ikatan peptida tersebut kemudian menghubungkan protein dalam kolagen. Kolagen juga berperan penting dalam pembentukan jaringan otot.

Saat dicampur ke daging, kandungan bromelain akan menyebabkan ikatan peptida terpecah sehingga kolagen pada daging kehilangan kekencangannya. Perlu diingat, ketika mencampurkan nanas dan daging jangan terlalu lama, hal ini bisa menyebabkan daging menjadi lembek. Oleh karena itu, cukup mencampurkan nanas selama waktu tertentu ke dalam daging agar daging memiliki kelembutan yang pas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Nanas Bisa Melembutkan Daging?"
Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved