Breaking News:

Bulog Sumsel-Babel Salurkan 4300 ton Beras Bantuan PPKM Pemerintah, Setiap PKM Dapat Jatah 10 Kg

Bulog Sumsel-Babel salurkan 4300 ton beras bantuan PPKM dari pemerintah kepada peserta PKH dan BST. Setiap PKM mendapat jatah 10 kg

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Azwir Ahmad
sripoku.com/rahmalia
Kadinsos Sumsel Mirwansyah menyerahkan program bantuan beras untuk warga selama PPKM di Sumsel didampingi Pimpinan Perum Bulog Sumsel Babel, Ali Ahmad Najih (batik) dan Danrem Gapo 044 Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji 

SRIPOKU. COM, PALEMBANG - Kementerian Sosial RI melalui Perum Bulog wilayah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung menyalurkan 4.300 ton beras sebagai bentuk bantuan dari Pemerintah Pusat selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Nantinya, masyarakat yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) akan mendapatkan 10 kg untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 

Pimpinan Perum Bulog Wilayah Sumsel dan Babel, Ali Ahmad Najih Amsari mengatakan untuk launching perdana penyaluran diberikan ke Kota Palembang sebanyak 2.000 ton, namun akan secara bertahap juga akan dikirim ke daerah Prabumulih, Muara Enim, Muba, Banyuasin dan Ogan Ilir oleh Transporter. Dengan estimasi waktu penyaluran rampung dalam satu bulan 

"Mulai hari ini sampai sebulan lamanya, Rencananya di Sumsel akan 4.300 ton beras yang akan disalurkan. Jadi penerima PKH akan menerima 10 kg, BST juga sama 10 kg, "Katanya, Minggu (18/7/2021). 

Penyaluran beras untuk masyarakat selama PPKM ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang aktifitasnya terbatas dan lebih banyak di rumah. Disisi lain pemerintah juga menjaga ketahanan pangan selama PPKM dilakukan. 

"Istilahnya masyarakat yang di rumah tidak mungkin hanya menunggu, mereka butuh makan kan. Kita menjaga ketahanan pangan masyarakat, " Ujarnya. 

Mekanisme penyaluran akan melibatkan para pendamping PKH berkordinasi dengan transporter yang mendrop beras dari Bulog. Para pendamping PKH-TKSK bertugas memastikan agar KPM mendapatkan bantuan beras

"Jenis beras medium yang dikemas adalah beras baru produksi tahun 2021. Masih baru, pulen dan wangi. Kita ingin memberikan kualitas terbaik bagi masyarakat selama PPKM," Katanya. 

Sementara itu, Kadinsos Sumsel, Mirwansyah mengatakan program dari Kementerian Sosial mengatasi kondisi kedaruratan dalam penanganan pandemi. Sasaran penyaluran adalah masyarakat miskin yang terdampak. 

Berdasarkan data penerima PKH di Sumsel mencapai 315 ribu Kepala Keluarga (KK)Palembang per Januari 2021. Walaupun saat ini telah di update. 

"Saya meminta penyaluran ini dapat dilakukan secara hati-hati, berikan pemahaman ke masyarakat bahwa ini adalah bantuan dari Kementerian bukan program dari Pemerintah Provinsi ataupun Kabupaten/kota dan hanya satu kali ini saja," Katanya. 

Lanjut Mirwan, Pemerintah tidak tebang pilih dalam pemberian bantuan sosial. Pemerintah Provinsi menunggu Juklak dari Kemensos agar masyarakat miskin baru  (misbar) juga kedepannya segera mendapatkan bantuan. (Yak) 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved