Breaking News:

BAGAI Hantu, Sergapan KKB Papua Kerap Mematikan Inilah Teror 3 Tahun, Tewaskan 3 Perwira

akibat dari kekerasan tersebut, ada 395 orang meninggal dunia dan 1.579 orang terluka akibat tembakan, bahkan terkena panah atau senjata tajam.

Editor: Hendra Kusuma
HO/SRIPOKU.COM/IST
Salah satu kelompok KKB Papua, mereka Bagai Hantu, Sergapan KKB Papua Kerap Mematikan Inilah Teror 3 Tahun, Tewaskan 3 Perwira, baru-baru ini mereka menyerang dan menembak satu perwira, tetapi diredam dan pelaku ditangkap petugas Satgas Nemangkawi. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Selama Tahun 2017 hingga 2021, atau lima tahun berlakangan, serangan KKB Papua terus meningkat.

Tepatnya pada 3 terakhir yakni 2019 hingga Juli 2021, serangan KKB Papua makin meningkat tajam, sehingga pemerintah kemudian menetapkan tindakan dan teror mereka sebagai tindakan teroris.

Sergapan KKB Papua bak hantu, datang dan menghilang tetapi mematikan.

Penguasaan medan di Papua yang terdiri dari perbukitan atau pegunungan, membuat serangan mereka efektif. Sepanjang tahun terakhir total, berdasarkan data yang dirilis Pemerintah menyatakan sejak 2010 hingga April 2021, ada 299 kasus kekerasan yang terjadi di Papua yang mayoritas dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Hal ini diungkapkan oleh Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodawardhani mengatakan data kekerasan itu diperoleh dari Gugus Tugas Papua Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bahkan, akibat dari kekerasan tersebut, ada 395 orang meninggal dunia dan 1.579 orang terluka akibat tembakan, bahkan terkena panah atau senjata tajam.

Setidaknya 4 perwira menjadi korban, terakhir Kabinda, Brigadir Jenderal TNI Gusti Putu Danny Nugraha meninggal ditembak dari atas pegunungan.

Baru-baru ini KKB Papua kembali lakukan penyerangan, dua prajut ditembak dan terluka. Yakni seorang perwira Lettu Inf Sukma Panunjang dan Praka Abdul Hamid, 16 Juli 2021.

Berikut Ini Daftar serangan KKB Papua sepanjang tahun 2017 hingga 2021:

Tahun 2017

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved