Breaking News:

9 NAPI Beringas Terobos Barikade Sipir Penjara, Kabur dari Lapas: 1 Petugas Tumbang Diserang

Ia mengaku, tidak memprediksi insiden kaburnya napi hingga melukai salah seorang petugas Lapas bisa terjadi

Editor: Wiedarto
For Serambinews.com
Foto Ilustrasi - Tim gabungan melakukan razia ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Senin (5/4/2021) malam. 

SRIPOKU.COM, ACEH--Lapas Kelas IIB Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengaku akan mengevaluasi waktu jam olahraga untuk narapidana.  Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Lapas Kelas II B Blangpidie, Akhmad Widodo BcIP SSos terkait insiden kaburnya sembilan napi saat jam olah raga atau angin-angin.

“Mungkin kejadian ini, menjadi bahan evaluasi kedepan terkait jadwal angin-angin atau olahraga ini,” ujar Akhmad Widodo BcIP SSos.

Evaluasinya, sebutnya, bisa saja jadwal olahraganya digeser pada pagi hari atau dilakukan pengaturan jumlah napi yang mengikuti olahraga, sehingga tidak membludak dan bisa terpantau.

Karena, lanjutnya, dengan jumlah napi sebanyak 178 orang, dengan penjagaan 5 orang, tentu jika ada insiden dan kericuhan, maka petugas tidak mampu menghadang.

“Mungkin, jadwal olahraga ini, akan kita evaluasi, apa dihapus, atau jadwal olahraganya setiap 1 jam, hanya 20 orang saja,” katanya.

Ia mengaku, tidak memprediksi insiden kaburnya napi hingga melukai salah seorang petugas Lapas bisa terjadi, mengingat selama ini pihaknya selalu mengedepankan kekeluargaan.

“Karena, jadwal angin-angin ini, tidak lain juga untuk menyehatkan pikiran mereka, sehingga mereka tidak melakukan hal-hal seperti ini, mungkin ini naas dan berat dugaan sudah direncanakan,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, sebanyak delapan narapidana kasus narkotika kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Blangpidie, Abdya.

Informasi yang diperoleh Serambinews.com, awalnya jumlah narapidana yang kabur, Jumat (16/7/2021) sekira pukul 17.30 WIB itu, sebanyak sembilan orang.
Namun, satu orang napi bernama Samiran berhasil diamankan, yang sempat kabur ke arah gunung.

Saat ini personel Polres Abdya bekerja sama TNI dari Kodim 0110 masih mengejar narapidana yang melarikan diri dari penjara tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved