Breaking News:

KABAR Terkini, Indonesia Beruntung, Vaksin Ini Tangkal Covid-19 Seumur Hidup: Bunuh Varian Delta

Dari sekian vaksin yang didatangkan oleh Indonesia tersebut, tercatat ada salah satu vaksin yang dikabarkan ampuh memberi perlindungan seumur hidup.

Editor: Wiedarto
AFP
Vaksin AstraZeneca 

SRIPOKU.COM, JAKARTA--Proses vaksinasi di Indonesia sedang gencar dilakukan. Hal tersebut terus digalakkan oleh pemerintah mengingat Indonesia sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19.  Bahkan kasus Covid-19 masih melonjak meski telah melakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), di Jawa-Bali.

Tak cukup hanya 17 hari mulai 3-20 Juli, pemerintah bahkan resmi memperpanjang PPKM hingga akhir bulan Juli ini.   Namun, kunci utama untuk menyelesaikan Covid-19 adalah kekebalan massal yang bisi diperoleh dari vaksinasi.

Sejauh ini Indonesia telah mendatangkan berbagai vaksin dari luar negeri seperti, Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca.  Dari sekian vaksin yang didatangkan oleh Indonesia tersebut, tercatat ada salah satu vaksin yang dikabarkan ampuh memberi perlindungan seumur hidup.

Menurut, 24h.com.vn, pada Sabtu (17/7/21), vaksin tersebut adalah Oxford/AstraZeneca yang disebut menawarkan perlindungan kuat seumur hidup.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian terbaru, yang dipublikasikan belakangan ini.

Vaksin ini mampu merangsang produksi antibodi yang membunuh virus, vaksin AstraZeneca juga menciptakan "kamp pelatihan" sel T yang menemukan dan membunuh di dalam tubuh.

Sel T memiliki kemampuan untuk menghancurkan agen berbahaya, bahkan varian baru.

Itu berarti tubuh dapat terus membuat sel T penting ini untuk waktu yang lama, mungkin seumur hidup, bahkan saat antibodi berkurang.

Ada banyak jenis sel T dengan fungsi yang berbeda-beda di dalam tubuh manusia.

Seperti menyerang langsung mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh seperti bakteri, virus, dan sel kanker.

Halaman
123
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved