Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Ahli Epidemiologi Cemas Covid-19 di Sumsel Semakin Mengganas Saat Musim Pancaroba, Ini Penjelasannya

"Apalagi virus dibawa orang dan ada ya mobilitas masyarakat yang tinggi virus bisa berpindah. Jadi tidak ada zona kuning, dan hijau lagi saat ini,"

Editor: Refly Permana
sripo/jati
Epidemiolog Universitas Sriwijaya, Dr Iche Andriany Liberty. 

Penulis: Arief

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ahli Epidemiologi Sumsel dari Universitas Sriwijaya (Unsri), dr Iche Andriani Liberty SKM MKes, mengungkapkan kekhawatirannya jika lonjakan kasus Virus Corona di Sumsel saat ini masih akan mengganas.

Hal ini dijelaskan Iche, mengingat wilayah Sumsel saat ini sudah masuk musim peralihan atau pancaroba. Dimana pancaroba merupakan musim peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Dimana kasus warga Sumsel yang terpapar Covid-19 sudah mendekati angka penambahan positif mencapai seribu per hari, dan mengingat saat ini musim pancaroba, maka kontribusi peningkatan dari pergantian musim itu bisa bertambah.

"Sekarang masuk musim pancaroba, sehingga harus benar-benar bisa menjaga kesehatan.

Kalau memang lagi kurang fit jangan keluar dulu, konsumi multivitamin yang direkomendasikan, apakagi Menkes sudah mengeluarkan rekom vitamin c, tapi tetap dikonsultasikan dengan fasilitas kesehatan," kata Iche, Sabtu (17/7/2021).

Satu Kecamatan Berstatuskan Zona Hijau Covid-19, Update Virus Corona di OKU 16 Juli

Ia memprediksi, kasus penambahan di tengah musim pancaroba akan tetap memberikan kontribusi.

Meski jumlahnya tidak signifikan namun hal itu harus bisa diantisipasi dari awal. 

"Sebenarnya kalau pancaroba hal biasa, namun kita selama ini harus bisa membiasakan hidup 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan berulang dengan sabun) maka terjaga inveksi lainnya.

Kalau seperti pilek biasa, tapi sekarang kita harus lebih hati-hati karena ancaman Covid-19 dengan lonjakan yang ada ini sebenarnya ini wabah dan bisa menjalar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved