Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Ruang Perawatan Covid-19 di 5 Rumah Sakit Palembang Penuh, Ini Daftarnya

Tingkat Ketersediaan Tempat Tidur (TT) atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Palembang kini diangka 88,01 persen

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Yandi Triansyah
sripoku.com/odi
Gubernur Sumsel, Herman Deru saat mengecek langsung kesiapan Asrama Haji Palembang, Rabu (14/7/2021). 

Laporan Wartawan Sripoku. Com, Rahmaliyah


  1. SRIPOKU. COM, PALEMBANG - Tingkat Ketersediaan Tempat Tidur (TT) atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Palembang kini diangka 88,01 persen. Dengan jumlah tempat tidur yang terpakai untuk perawatan pasien COVID-19 mencapai 1035 TT dari total 1176 TT. 

Kasi Penanganan dan Pengendalian Penyakit Penularan Dinas Kota Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan dari 18 RS rujukan penanganan covid-19, ada lima rumah sakit yang saat ini ketersediaan TT Isolasi 100 persen full. Berdasarkan catatan Dinkes melalui Aplikasi RS Online, RS tersebut yakni RS Bhayangkara, RS Ernaldi Bahar, RS Myria, RS Bunda dan RS AK Gani. Sementara untuk RS lainnya belum mencapai 100 persen.

Akan tetapi, kata Yudhi, ini akan dikembalikan lagi pada konsisten setiap hari pihak RS mengupdate jumlah BOR pada aplikasi RS Online dan kesiapan dari tenaga medis sendiri. 

"Terkadang dalam Aplikasi RS Online jumlahnya belum penuh, tapi saat masyarakat datang ke RS nyatanya penuh. Kalaupun ada kondisi pasien darurat di RS yang keterisian kamarnya 100 persen, pasti akan ditangani namun kembali lagi ketersediaan kamarnya pasti akan disampaikan ke pasien," Jelasnya. 

Perlukah untuk membuka RS Darurat atau tenda darurat menjadi keputusan dari Satgas Penanganan COVID-19. Untuk di Palembang, penggunaan wisma atlet dan asrama haji yang dilakukan Pemerintah Provinsi menjadi solusi untuk pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan. 

"Angka 88,01 persen ini sudah sedikit menurun walaupun masih mengkhawatirkan karena ini masih diatas angka standar BOR yang ditetapkan. Paling tidak di 60 persen baru bisa dikatakan BOR kita aman, " Jelasnya. 

Sementara untuk TT ICU khusus COVID-19, Empat RS di Palembang juga dalam kondisi penuh, yakni RS Bhayangkara berjumlah 4 TT, RS Charitas 4 TT, RS Hermina Palembang 10 TT, RS Pelabuhan 4 TT. Sedangkan RS Siloam Sriwijaya hanya tersedia 1 TT ICU dari total 13 TT dan RSUD Palembang Bari 1 TT dari total 10 TT yang tersedia. 

"Alhamdulillah nya untuk penanganan covid dan ketersediaan BOR di Palembang masih tertangani dan belum sampai ada penolakan untuk pasien COVID-19 atau non covid, " Jelasnya. (Yak) 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved