Breaking News:

Konsumsi Bawang Putih Dapat Turunkan Darah Tinggi, Bagaimana Efektivitas dan Efek Sampingnya

Bawang putih (Allium sativum)diyakini dapat mengobati darah tinggi.Senyawa Alicin bertanggung jawab atas sifat penurun tekanan darah dari bawang putih

Editor: Azwir Ahmad
Bright Side
Ilustrasi: Bawang putih 

SRIPOKU.COM - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan persoalan kesehatan yang sudah umum di tengah masyarakat. Yakni satu kondisi dimana tekanan darah berada di angka 130/80 mmHg atau lebih.

Kondisi darah tinggi yang sering datang tanpa gejala ini, secara signifikan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke pada seseorang.

Biasanya, ketika seseorang didiagnosis mengalami hipertensi, maka selanjutnya akan mendapatkan obat kimia untuk mengontrol tekanan darah.

Banyak obat penurun darah tinggi kimia tersedia tanpa resep maupun dengan resep dokter.

Namun, obat-obatan ini dilaporkan sering menyebabkan berbagai efek samping yang kurang menyenangkan.

Itulah sebabnya, sebagian orang pun kemudian mencoba memilih jalan pengobatan alami untuk menurunkan tekanan darah.

Dan salah satu obat alami yang sering dikatakan dapat secara efektif mengobati darah tinggi adalah bawang putih.

Mengutip Health Line, beberapa penelitian mengungkap bahwa bawang putih (Allium sativum) dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik.

Yang dimaksud dengan tekanan sistolik adalah tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun tekanan diastolik adalah tekanan saat otot jantung relaksasi dan menerima darah yang kembali dari seluruh tubuh.

Pada beberapa kasus, suplemen bawang putih bahkan dilaporkan dapat bekerja seefektif obat penurun tekanan darah standar dengan efek samping yang jauh lebih sedikit.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved