Breaking News:

Dorong Kemajuan Desa dalam PEDA KTNA, PLN Operasikan Listrik Tiga Desa Kecamatan Semende Darat Ulu

Ketiga desa tersebut berjarak kurang lebih 300 km dari Kota Palembang, berada di Dataran Tinggi Bukit Barisan, dengan ketinggian 1420 meter di atas pe

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/PLN
Tim PLN UP2K Sumsel berhasil mengoperasikan listrik di 3 desa yaitu, Desa Danau Gerak, Desa Pelakat, dan Desa Tanjung Agung (Dusun Prencul), Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim. 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM -- PLN UP2K Sumsel berhasil mengoperasikan listrik di 3 desa yaitu, Desa Danau Gerak, Desa Pelakat, dan Desa Tanjung Agung (Dusun Prencul), Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim.

Ketiga desa tersebut berjarak kurang lebih 300 km dari Kota Palembang, berada di Dataran Tinggi Bukit Barisan, dengan ketinggian 1420 meter di atas permukaan laut, dengan total 272 kepala keluarga (KK).

Selama ini, sebelum adanya listrik desa, masyarakat disana merasa kesulitan dalam memperoleh listrik khususnya untuk memakai peralatan listrik dengan daya yang agak besar seperti kulkas.

Tim PLN UP2K Sumsel ketika lagi bekerja akan mengoperasikan listrik di 3 desa yaitu, Desa Danau Gerak, Desa Pelakat, dan Desa Tanjung Agung (Dusun Prencul), Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim. Insert pengecek kabel saluran api.
Tim PLN UP2K Sumsel ketika lagi bekerja akan mengoperasikan listrik di 3 desa yaitu, Desa Danau Gerak, Desa Pelakat, dan Desa Tanjung Agung (Dusun Prencul), Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim. Insert pengecek kabel saluran api. (SRIPOKU.COM/PLN)

“Arus listrik untuk warga sangat terbatas dan tidak bisa memakai alat-alat listrik seperti kulkas, karena tegangan dan arus listrik sangat terbatas,” ungkap Supriyadi Sekretaris desa (Sekdes) Pelakat.

Menanggapi kesulitan yang dialami masyarakat disana, tim PLN UP2K Sumsel melaksanakan survey ke lokasi Desa Danau Gerak, Desa Pelakat, dan Desa Tanjung Agung untuk merencanakan pembangunan listrik desa.

Pembangunan jaringan listrik di Desa Danau Gerak terdiri dari pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) sepanjang 5,535 kms, Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang 1,7 kms , dan 1 unit Gardu Distribusi dengan kapasitas 50 kVA.

Sementara untuk Desa Plakat dan Desa Tanjung Agung, pembangunan jaringan listrik terdiri dari pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah sepanjang 11,3 kms, Saluran Udara Tegangan Rendah sepanjang, dan 2 unit Gardu Distribusu dengan kapasitas 100 kVA. 

Komisioning dan pengoperasian jaringan berhasil dilaksanakan pada tanggal 06 Juli 2021.

Kini, masyarakat di 3 desa tersebut dapat lebih leluasa menikmati listrik, terelebih lagi dalam mendukung Kecamatan Semende Darat Ulu yang akan menjadi tuan rumah Pekan Daerah Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (PEDA KTNA) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2021.

Adanya listrik desa disana tentu sangat menunjang masyarakat dalam membantu mensukseskan pelaksanaan PEDA KTNA tersebut.

Ungkapan syukur pun disampaikan oleh masyarakat desa yang masing-masing diwakili oleh perangkat desa setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN. Kami sangat senang dan sangat menerima. Semoga Desa Pelakat dari sisi perekonomian lebih maju, hubungan komunikasi bisa lebih baik, dan penerangan disini bisa lebih optimal,” tutur Supriyadi.

Selain itu, Hilmudin Sekretaris Desa Danau Gerak menyampaikan, apresiasi terhadap kerja keras tim PLN dalam mewujudkan listrik desa disana.

“Mewakili seluruh masyarakat Desa Danau Gerak kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN UIW S2JB, PLN UP2K Sumsel, PLN UP3 Lahat, dan PLN ULP Muara Enim atas dibangunnya jaringan listrik di desa kami. Mudah-muahan dunia usaha dapat semakin berkembang, begitu pun bidang pendidikan, kesehatan dan juga teknologi. Mudah-mudahan juga adanya listrik disini dapat meningkatkan sumber daya manusia khususnya di Desa Danau Gerak,” tutup Hilmudin.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved