Breaking News:

RSUD Muara Enim Siapkan 20 Tempat Tidur Tambahan Antisipasi Pasien Covid-19

RSUD dr HM Rabain Muara Enim siapkan tambahan 20 tempat tidur bagi pasien Covid-19 di Gedung Serba Guna (GSG)

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Azwir Ahmad
sripoku.com/ardani
RSUD dr HM Rabain Muara Enim 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Untuk antisipasi melonjaknya pasien Covid-19 yang akan dirawat, manajemen RSUD dr HM Rabain Muara Enim siapkan tambahan 20 tempat tidur bagi pasien Covid-19 di Gedung Serba Guna (GSG) dr HM Rabain Muara Enim, Rabu (14/7/2021).

"Hari ini, kita buka di GSG untuk tambahan 20 tempat tidur, jika kurang dan mendesak bisa ditambah dengan tenda," ujar Plt Dirut dr HM Rabain Muara Enim yang diwakili Wakil Direktur 
Administrasi RSUD dr HM Rabain Muara Enim Yusrizal.

Menurut Yusrizal, bahwa saat ini, RSUD Muara Enim mempunyai 61 tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19 untuk perawatan gejala berat.

Kalau pasien Covid-19 yang bergejala ringan ditampung di rumah sehat Islamic Centre Muara Enim.

Untuk ketersedian tempat tidur di Rumah Sakit (RS) atau Bed Occupancy Rate (BOR) di RSUD Muara Enim per 13 Juli 2021 sebesar 62 persen dari 61 Tempat Tidur (TT) terpakai 38 TT.

Sementara itu menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Slamet Oku Asmana, dari
Aplikasi RS Online se-Sumsel per tanggal 13 Juli 2021 pukul 11.00, tentang  perkembangan keterisian tempat tidur Covid di Rumah Sakit Provinsi Sumsel,  khususnya di Kabupaten Muara Enim, RSUD dr HM Rabain Muara Enim Tempat Tidur ICU Covid tersedia 5 dan terpakai 4 atau 80 persen.

Tempat Tidur Isolasi Covid tersedia 56 dan terpakai 34 atau 61 persen, Total Tempat Tidur Covid tersedia 61 dan terpakai 38 atau 62 persen.

RS Bukit Asam Tempat Tidur ICU Covid tersedia 5 dan terpakai 2 atau 40 persen, Tempat Tidur Isolasi Covid tersedia 34 dan terpakai 27 atau 79 persen, Total Tempat Tidur Covid tersedia 39 dan terpakai 29 atau 74 persen.

Sedangkan tiga Rumah Sakit Pratama milik Pemkab Muara Enim yakni RSUD Gelumbang, RSUD Lubai Ulu dan RSUD Semende Darat Laut (SDL), belum memiliki Tempat Tidur ICU, tetapi sudah memiliki Tempat Tidur Isolasi Covid sebanyak masing-masing 6 bed. 

Sehingga total seluruhnya Tempat Tidur ICU Covid tersedia 10 dan terpakai 6 atau 60 persen, Tempat Tidur Isolasi Covid tersedia 108 dan terpakai 61 atau 56 persen,
Total Tempat Tidur Covid tersedia 118 dan terpakai 67 atau 57 persen.

Masih dikatakan Oku, rumah sehat Covid Muara Enim mempunyai tempat tidur sebanyak 44 dan
terisi 21 orang. Selain itu, PTBA juga mempunyai tempat isolasi sebanyak 40 tempat tidur dan saat ini penuh.

Pihaknya berharap ada kesadaran yang tinggi dari masyarakat Muara Enim, untuk mematuhi aturan yang ada dengan tetap berprilaku sesuai Protokol kesehatan (Prokes) 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sabun) saat ini.

Mengingat diperlukan peran serta semua pihak untuk bisa melalui masa pandemi sekarang. Termasuk kita minta seluruh Puskesmas yang ada, bergerak cepat 3T (Testing, Tracing, Treatment) dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu Dirut PTBA Suryo Eko melalui Wadir Produksi Suhedi, bahwa pihak PTBA telah menyiapkan 40 tempat tidur yakni 20 di gedung Diklat dan 20 dirumah eks Direksi PTBA. Namun saat ini, sudah penuh, dan rencananya akan ditambah khusus untuk intern PTBA di hotel Saka PTBA.(ari)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved