Breaking News:

virus corona di sumsel

BBLK Kerja Keras Periksa 3.000 Sampel Setiap Hari, Padahal Kapasitas Hanya 1.000 Sampel

Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang kerja keras memeriksa sample spesimen Covid-19 yang mencapai 3000 sample/hari.

Penulis: Odi Aria Saputra | Editor: Azwir Ahmad
SRIPOKU.COM/HUMAS POLDA SUMSEL
Ilustrasi Virus corona (Covid-19) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang harus bekerja keras memeriksa sampel spesimen Covid-19 yang masuk.

Soalnya, dari total 1.000 daya tampung ,sampel yang masuk asal Sumsel bisa mencapai 3.000 sampel per hari. 

Kepala Bidang Pelayanan BBLK Palembang, Lisa Dewi mengatakan jumlah sampel yang masuk cukup tinggi , melebihi kapasitas pemeriksaan.

Hal ini terjadi dikarenakan positivity rate rasio positif Covid-19 di Sumsel yang terus meningkat. 

"Kenaikan jumlah kasus positif di Sumsel akibat penumpukan sampel yang masuk beberapa waktu lalu. Jumlah sampel yang masuk tinggi melebihi kapasitas pemeriksaan," katanya, Rabu (14/7/2021).

Menurutnya, sampel datang dari beberapa kabupaten dan kota di Sumsel. Pihaknya menemukan satu sampel positif yang di-tracking sampai 30 orang.

Satu daerah bisa mengirim hingga 450 sampel per hari. Kondisi inilah yang sempat membuat BBLK kewalahan.

"Satu hari sampel yang masuk bisa sampai 3.000. Sedangkan kapasitas periksa harian maksimal BBLK hanya 1.000," jelas Lisa. 

Ia menambahkan, Pihak BBLK Palembang mengupayakan semua sampel yang masuk tidak mengantre dengan menyelesaikan pemeriksaan.

Bahkan, dampak ramainya antrean sampel membuat kasus harian Sumsel yang diumumkan ikut naik hingga 778 kasus atau tertinggi selama pandemi setahun lebih belakangan. 

"Kami terus upayakan sampel masuk tidak mengantre. Saat ini sudah tidak ada lagi sampel yang tertunda. Begitu juga stok reagen kita masih ada," ungkapnya. (Oca) 

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved