Breaking News:

Hukum Islam Dalam Pembaharuan Hukum di Indonesia

Salah satu syarat untuk dapat berlakunya hukum dengan baik dalam masyarakat, bahwa hukum tersebut haruslah sesuai dengan aspirasi masyarakat

Editor: Salman Rasyidin

Oleh : Albar S Subari SH.MH

Ketua Koordinator JPM Sriwijaya Sumsel

Salah satu syarat untuk dapat berlakunya hukum dengan baik dalam masyarakat, ialah bahwa hukum tersebut haruslah sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Adalah suatu hal yang tidak dimungkiri pula bahwa masyarakat Indonesia sebagian besar beragama Islam.

Dan karenanya dapat dipahami apabila ada keinginan agar dalam penyusunan hukum na­si­onal pihak berwenang mengindahkan Hukum Islam dan jangan hendaknya dalam hukum na­sional yang akan dibuat terdapat hal hal yang bertentangan dengan hukum islam tersebut (T. M. Radhie, 1983).

Hidup berdampingan secara damai antara masyarakat yang berbeda agama ini merupakan sa­lah satu ciri dari falsafah hidup bangsa kita yang terkandung  dalam Pancasila.

Dalam ma­sya­ra­kat yang pluralistik seperti Indonesia dengan sendirinya masing-masing go­lo­ngan mem­pu­nyai konsepsinya sendiri mengenai hukum yang mengatur kehidupan masya­rakat di mana me­reka menjadi bagian.

Hal ini merupakan salah satu problem berat yang dihadapi dalam pembentukan hukum na­si­onal (kodifikasi dan unifikasi).

Karena, kebijaksanaan yang ditempuh ialah bahwa hukum na­sional ini nantinya haruslah merupakan hukum yang dapat diterima oleh semua warga tanpa melihat pada asal keturunan dan agama.

Hal itu sebagaimana yang diinginkan dalam kon­sep­si Wawasan Nusantara di bilang hukum. (Mochtar Kusumaatmadja-konsep wawasan nu­san­tara).

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved